Tips & Trik

Aki Mobil Berapa Ampere? Ketahui Ini Cara Mengukurnya

PUBLISHED DATE : 01 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/15649675_s.jpg

Komponen aki berperan penting dalam membuat sebuah kendaraan menyala, termasuk mobil. Setiap aki memiliki AH atau Ampere Hour yang merupakan kekuatan arus listrik maksimal yang bisa dikeluarkan dalam satu jam. 

Anda perlu mengetahui aki mobil berapa ampere karena erat kaitannya dengan pemilihan aki saat membeli dan juga pengisian daya ulang. Jika ada perhitungan yang salah, maka bisa berpengaruh pada sistem kelistrikan mobil. 

Pentingnya Mengetahui Aki Mobil Berapa Ampere

Lalu berapa ampere sebaiknya Anda membeli aki mobil? Jika bertanya akan hal ini maka Anda harus tahu terlebih dahulu berapa beban listrik yang dimiliki sebuah mobil. 

Baca Juga : Mengapa Cat Mobil Bisa Kusam? Cek Penyebabnya

Pasalnya setiap mobil memiliki beban yang berbeda-beda. Ketika Anda membeli aki yang dayanya terlalu kecil, maka daya akan cepat habis karena beban yang dibutuhkan mobil besar. 

Selain memperhatikan berapa ampere aki mobil pada saat Anda hendak membeli yang baru, perlu juga memperhatikan ampere ketika melakukan charge. Daya listrik yang tersimpan di dalam aki dapat mengalami penurunan. 

Ketika daya tersebut menurun, cara satu-satunya yang perlu dilakukan adalah mengisi ulang daya. Hanya saja, pengisian dilakukan dengan acuan ampere, jika salah apalagi terlalu lama dan beban berlebih bisa merusak aki. 

Baca Juga : Trik Mudah Hilangkan Bau Bensin di Dalam Mobil

Baik itu aki kering atau aki basah tidak memiliki perbedaan dalam pengisian ulang daya. Anjuran yang perlu diikuti adalah 1/10 dari jumlah ampere aki tersebut. 

Jadi misalnya saja mobil Anda memiliki aki dengan kapasitas 70 ampere maka daya yang boleh diisi ulang adalah 7 ampere saja. Jumlah angka ini akan disesuaikan dengan masing-masing ukuran aki mobil berapa ampere. 

Sayangnya masih banyak yang salah kaprah dalam melakukan pengisian walaupun sudah mengetahui kapasitas ampere aki. Misalnya saja hanya berpatokan pada aki yang sudah panas artinya telah terisi. 

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Kerusakan Kopling Mobil

Padahal aki yang panas bisa menandakan kerusakan pada sel-sel aki. Selama pengisian daya, sebaiknya Anda melakukan pengecekan berkala. Jika mengisi selama 1,5 jam Anda perlu mengecek setiap 30 menit. 

Pengecekan dibutuhkan supaya daya yang masuk tidak melebihi ukuran ampere. Nah kini, Anda sudah paham bukan bahwa mengetahui aki mobil berapa ampere sangatlah penting. 

Sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana mengukur ampere yang dimiliki sebuah aki mobil. 

Cara Mengukur Aki Mobil Berapa Ampere 

Pada saat Anda berencana mengganti aki mobil dengan yang baru, hal pertama untuk diperhatikan adalah ampere. Arus listrik yang dihasilkan aki ini nantinya akan digunakan untuk membuat dinamo starter serta lampu-lampu dapat menyala. 

Ada beberapa cara mudah untuk mengukur atau mengetahui ampere yang dimiliki aki. Beberapa caranya bahkan tidak memerlukan hitungan, berikut ini caranya. 

  1. Mengecek pada Bodi Aki Mobil

Semua pabrik aki akan memberikan informasi terkait produk yang mereka hasilkan. Ukuran ampere beserta daya listrik akan ditulis pada bagian bodi aki. Informasi yang diberikan biasanya lengkap dan mudah dibaca. 

Penulisannya pun berjejer dengan tegangan aki (biasanya tegangan adalah 12 Volt). Satuan yang digunakan adalah Ah dan terdapat angka di depannya. Jumlahnya bisa bermacam-macam, ada yang 55 Ah atau 65 Ah. 

     2. Mengecek Kode Aki Mobil 

Cara mengukur yang kedua adalah dengan melihat di badang aki mobil. Apabila Anda tidak menemukan ukuran ampere di bodi aki maka bisa mengecek kode yang berada di bagian tutup atas bodi. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya