Tips & Trik

Tidak Sulit, Begini Cara Simple Merawat Aki Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

Aki Mobil Soak

Memanasi Mobil Tidak Hanya Saat Akan Digunakan

Jika Anda sedang tidak melakukan perjalanan selama beberapa hari tetap jangan sampai lupa untuk memanasi mobil. Salah satu penyebab daya pada aki mobil menjadi berkurang adalah pemilik tidak sering memanasi kendaraan ini. Hal ini tentu menyebabkan aki cepat kehilangan fungsinya.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanasi mobil ketika bangun tidur di pagi hari. Jika tidak sempat melakukannya maka bisa meminta tolong salah satu teman atau anggota keluarga untuk memanaskan mobil. Jika mobil sering dipanaskan, maka aki pun akan tetap awet.

Mematikan Perangkat Yang Tersambung Listrik Ketika Mobil Tidak Digunakan

Cara berikutnya untuk melakukan perawatan terhadap aki adalah ketika mobil tidak digunakan matikan seluruh perangkat yang terhubung dengan saluran listrik. Perangkat listrik tersebut antara lain adalah radio, AC, lampu, dan tv kecil.

Jika Anda melakukan hal ini tentu akan menjadikan aki yang ada pada mobil tetap awet. Anda juga tidak akan mengalami kesulitan saat berkendara karena kebutuhan daya tercukupi.

Baca Juga : Fungsi Plat Kopling Mobil dan Komponen-komponennya

Rajin Memeriksa Air Pada Aki

Hal selanjutnya yang bisa digunakan untuk merawat aki pada mobil adalah rutin untuk melakukan pemeriksaan air pada bagian tersebut secara rutin dua atau tiga hari sekali. Jika Anda melihat bahwa persediaan air pada aki berkurang, maka cepatlah untuk melakukan pengisian ulang.

Jika persediaan air pada aki berkurang dan tidak segera diisi ulang maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada aki sehingga mengganggu perjalanan Anda. sebab itulah persediaan air pada aki harus tetap dijaga dan jangan sampai kehabisan.

Hati- Hati Ketika Aki Mengalami Kebocoran

Aki pada mobil bisa saja mengalami kebocoran dan sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani. Ketika Anda sedang memeriksa aki pada mobil dan menemukan adanya kebocoran, langkah darurat yang bisa dilakukan ialah membersihkan bagian tersebut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya