Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Suzuki GSXS

Saat piston berada di titik TMB maka katup buang akan terbuka, sekaligus piston akan bergerak ke TMA untuk memompa sisa gas pembakaran keluar katup buang.

Sedangkan jika menggunakan mesin 2 tak, proses dalam satu siklus pembakaran hanya terdapat 2 langkah saya. Pada kendaraan 2 tak proses hisap dan buang berlangsung bersamaan saat piston bergerak ke bawah.

Kemudian untuk proses kompresi dan bakar terjadi bersamaan ketika piston bergerak ke atas dan berbanding terbalik dengan langkah sebelumnya.

motor_4_tak

Perbedaan Antara Motor 4 Tak dan Motor dengan 2 Tak

Jangan heran apabila ada masyarakat yang mengatakan jika perbedaan antara dua jenis ini adalah dilihat dari bunyi knalpot. Biasanya akan disebutkan bahwa knalpot motor 2 tak lebih bising dan ngebul, sedangkan motor 4 tak sebaliknya.

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Gas Spontan Lebih Dalam

Selain itu, ada pula yang menganggap bahwa perbedaannya hanya terletak pada aspek SOHC atau DOHC-nya. Nah agar tidak keliru, yuk ketahui perbedaan keduanya dalam beberapa poin berikut.

  • Jumlah Komponen Mesin

Komponen pada mesin dua tak lebih sedikit dibandingkan dengan mesin empat tak. Komponen mesin dua tak lebih sedikit karena tidak adanya klep in maupun klep out serta noken as.

  • Oli Yang Digunakan

Mesin motor empat tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan mesin motor dua tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja.

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa motor 2 tak membutuhkan oli pendamping. Hal ini karena  oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

  • Hasil Pembakaran di Knalpot

Karena membutuhkan pelumas, maka knalpot mesin 2 tak lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sedangkan mesin 4 tak lebih ramah asap.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya