Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Suzuki GSXS

Mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya. Malah apabila mesin 4 tak pada knalpotnya mengeluarkan asap, bisa dipastikan mesin motor mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

  • Jumlah Langkah Piston

Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin dua tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 Tak

Termasuk dalam generasi mesin motor yang terbaru, mesin motor 4 tak dari Suzuki dapat Anda temui seperti:

  1. Suzuki GSX-250R
  2. Suzuki GSX-R150
  3. Suzuki GSX-S150
  4. Suzuki Address Playful
  5. New Suzuki 115 FI
  6. Suzuki Nex Reborn
  7. All New Suzuki Satria F150, Dll

Kelebihan mesin 4 tak adalah sudah bisa digunakan tidak hanya di motor saja namun juga mobil, kapal darat, truk, sejenis alat berat, hingga pesawat. Hal ini berarti mesin dengan 4 tak terbukti mampu digunakan dalam berbagai model kendaraan dengan risiko kerusakan yang minim.

Mesin 4 tak memiliki pengaturan campuran pergerakan udara dengan bensin yang lebih mudah. Kemudahan ini terjadi karena motor 4 tak tidak menggunakan oli samping. Mesin 4 tak juga tidak menggunakan konstruksi yang rumit karena terbantu dengan sistem katup.

Baca Juga : Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

Kekurangan dari mesin 4 tak diantaranya adalah tenaga yang dihasilkan mesin 4 tak lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin 2 tak. Jadi, untuk urusan kecepatan, mesin 4 tak tidak sama dengan mesin 2 tak.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak

Kelebihan mesin 2 tak diantaranya adalah jumlah komponen mesin 2 tak lebih sedikit daripada mesin 4 tak. Artinya, dalam hal ini biaya produksi untuk motor dengan mesin 2 tak lebih murah dibandingkan biaya produksi motor dengan mesin 4 tak.

Tenaga yang dihasilkan mesin 2 tak lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Sedangkan kekurangannya adalah mesin 2 tak membutuhkan oli tambahan. Mesin 2 tak lebih cepat panas karena lubang buang mesin 4 tak tidak berada di bagian silinder.

Kekurangan lainnya adalah pada motor 2 tak bahan bakar yang dikeluarkan lebih banyak sehingga lebih boros, sedangkan pada mesin 4 tak lebih hemat energi. Contoh motor dengan mesin 2 tak keluaran Suzuki:

  1. Suzuki RC100
  2. Suzuki Crystal
  3. Suzuki Satria 120R
  4. Suzuki Tornado
  5. Suzuki RC100 Sprinter
  6. Suzuki Bravo

7. Suzuki RGR 150.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya