Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Suzuki GSXS

Bagi penggiat dunia otomotif, istilah motor 2 tak dan motor 4 tak tentu sudah tidak asing. Namun, bagi orang awam istilah ini masih jarang dipahami. 

Bagi penggiat dunia otomotif, istilah motor 2 tak dan motor 4 tak tentu sudah tidak asing. Namun, bagi orang awam istilah ini masih jarang dipahami. Pembagian jenis ini sering dianggap sepele, namun dalam beberapa kasus sebenarnya perlu diperhatikan dan dikenali lebih jauh.

Jika Anda termasuk dari banyaknya orang yang belum mengetahui apa itu motor 4 dan 2 tak, Anda dapat mengetahuinya melalui penjelasan di bawah ini.

Seputar Mesin Motor 4 Tak dan Mesin Motor 2 Tak

Penasaran apa arti dari istilah Tak ini? Secara harfiah istilah ini ternyata berasal dari bahasa Belanda. Tak dalam bahasa Belanda diartikan sebagai stroke atau langkah. Namun demikian, seiring berjalannya waktu istilah 'Tak' di Indonesia dikenal dengan sebutan kruk as.

Lalu, mengapa bisa disebut menggunakan istilah 2 tak dan 4 tak? Ternyata salah satu alasannya adalah terletak pada jumlah langkah pada satu siklus pembakaran di mesin kendaraan. Apabila menggunakan 4 tak, maka dalam satu siklus pembakaran terdapat empat langkah.

Empat langkah yang digunakan adalah hisap-kompresi-bakar-buang. Berikut ini penjelasan mengenai 4 langkah pada mesin 4 tak.

  • Proses hisap

Langkah hisap mulai bekerja ketika katup hisap (isap) terbuka. Saat berada pada kondisi seperti ini, piston mengalami pergerakan ke bawah. Gerakan kebawah ini akan membuat tekanan pada silinder menjadi rendah, alhasil udara dapat dan bahan bakar dapat masuk melalui lubang katup.

Baca Juga : Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

Setelah piston sudah berada pada titik mati bawah (TMB), silinder telah terisi campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi penyesuaian tekanan pada ruang silinder. Jika sudah sampai pada tahapan ini berikutnya akan masuk pada tahap kompresi.

  • Proses kompresi

Langkah kompresi dimulai dengan kondisi tutup katup yang tertutup. Setelahnya, piston akan beralih melakukan gerakan pada titik mati atas (TMA). Pada kondisi ini campuran bahan bakar dan udara di ruang silinder menjadi termampatkan.

Kondisi pemampatan ini juga akan mengakibatkan peningkatan suhu yang dikenal dengan pemanasan adiabatik. Bahkan capaian suhu yang bisa terjadi pada kondisi ini mencapai hingga ratusan derajat Celcius.

  • Proses bakar

Langkah kerja berikutnya pada motor 4 tak mulai terjadi saat pengapian menyalakan busi, tepatnya saat piston berada di titik TMA. Munculnya percikan api di busi mempengaruhi kondisi busi berupa terjadinya ledakan kecil pada silinder sehingga mendorong pergerakan piston dari TMA ke TMB.

Proses inilah yang biasa disebut dengan langkah kerja. Tenaga yang muncul dari langkah kerja ini selanjutnya akan berpindah proses menuju crankshaft melewati connecting rod.

  • Proses Buang

Langkah terakhir pembakaran  pada mesin 4 tak yaitu proses pembuangan. Langkah ini terjadi apabila piston telah berada di titik TMB.

Saat piston berada di titik TMB maka katup buang akan terbuka, sekaligus piston akan bergerak ke TMA untuk memompa sisa gas pembakaran keluar katup buang.

Sedangkan jika menggunakan mesin 2 tak, proses dalam satu siklus pembakaran hanya terdapat 2 langkah saya. Pada kendaraan 2 tak proses hisap dan buang berlangsung bersamaan saat piston bergerak ke bawah.

Kemudian untuk proses kompresi dan bakar terjadi bersamaan ketika piston bergerak ke atas dan berbanding terbalik dengan langkah sebelumnya.

motor_4_tak

Perbedaan Antara Motor 4 Tak dan Motor dengan 2 Tak

Jangan heran apabila ada masyarakat yang mengatakan jika perbedaan antara dua jenis ini adalah dilihat dari bunyi knalpot. Biasanya akan disebutkan bahwa knalpot motor 2 tak lebih bising dan ngebul, sedangkan motor 4 tak sebaliknya.

Selain itu, ada pula yang menganggap bahwa perbedaannya hanya terletak pada aspek SOHC atau DOHC-nya. Nah agar tidak keliru, yuk ketahui perbedaan keduanya dalam beberapa poin berikut.

  • Jumlah Komponen Mesin

Komponen pada mesin dua tak lebih sedikit dibandingkan dengan mesin empat tak. Komponen mesin dua tak lebih sedikit karena tidak adanya klep in maupun klep out serta noken as.

  • Oli Yang Digunakan

Mesin motor empat tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan mesin motor dua tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja.

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa motor 2 tak membutuhkan oli pendamping. Hal ini karena  oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

  • Hasil Pembakaran di Knalpot

Karena membutuhkan pelumas, maka knalpot mesin 2 tak lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sedangkan mesin 4 tak lebih ramah asap.

Mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya. Malah apabila mesin 4 tak pada knalpotnya mengeluarkan asap, bisa dipastikan mesin motor mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

  • Jumlah Langkah Piston

Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin dua tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 Tak

Baca Juga : 5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

Termasuk dalam generasi mesin motor yang terbaru, mesin motor 4 tak dari Suzuki dapat Anda temui seperti:

  1. Suzuki GSX-250R
  2. Suzuki GSX-R150
  3. Suzuki GSX-S150
  4. Suzuki Address Playful
  5. New Suzuki 115 FI
  6. Suzuki Nex Reborn
  7. All New Suzuki Satria F150, Dll

Kelebihan mesin 4 tak adalah sudah bisa digunakan tidak hanya di motor saja namun juga mobil, kapal darat, truk, sejenis alat berat, hingga pesawat. Hal ini berarti mesin dengan 4 tak terbukti mampu digunakan dalam berbagai model kendaraan dengan risiko kerusakan yang minim.

Mesin 4 tak memiliki pengaturan campuran pergerakan udara dengan bensin yang lebih mudah. Kemudahan ini terjadi karena motor 4 tak tidak menggunakan oli samping. Mesin 4 tak juga tidak menggunakan konstruksi yang rumit karena terbantu dengan sistem katup.

Kekurangan dari mesin 4 tak diantaranya adalah tenaga yang dihasilkan mesin 4 tak lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin 2 tak. Jadi, untuk urusan kecepatan, mesin 4 tak tidak sama dengan mesin 2 tak.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak

Kelebihan mesin 2 tak diantaranya adalah jumlah komponen mesin 2 tak lebih sedikit daripada mesin 4 tak. Artinya, dalam hal ini biaya produksi untuk motor dengan mesin 2 tak lebih murah dibandingkan biaya produksi motor dengan mesin 4 tak.

Tenaga yang dihasilkan mesin 2 tak lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Sedangkan kekurangannya adalah mesin 2 tak membutuhkan oli tambahan. Mesin 2 tak lebih cepat panas karena lubang buang mesin 4 tak tidak berada di bagian silinder.

Kekurangan lainnya adalah pada motor 2 tak bahan bakar yang dikeluarkan lebih banyak sehingga lebih boros, sedangkan pada mesin 4 tak lebih hemat energi. Contoh motor dengan mesin 2 tak keluaran Suzuki:

  1. Suzuki RC100
  2. Suzuki Crystal
  3. Suzuki Satria 120R
  4. Suzuki Tornado
  5. Suzuki RC100 Sprinter
  6. Suzuki Bravo

7. Suzuki RGR 150.

Berita Lainnya