Tips & Trik

Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

PUBLISHED DATE : 23 Agustus 2023

116145757 S

Biarkan hingga bensin di sana bisa mengalir ke bawah. Jika sudah terlihat bensinnya, maka coba nyalakan kembali mesin motor dengan memakai kick starter.

  • Ada Masalah pada Tekanan Kompresi

Selain berbagai penyebab motor susah hidup di atas, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu tekanan kompresi pada motor Anda.

Kendala yang satu ini biasanya terjadi pada pagi hari ketika Anda akan menyalakan kembali motor setelah semalaman tidak dipakai.

Untuk menyalakan motor, maka diperlukan tekanan kompresi sehingga gas di dalamnya menjadi mudah untuk terbakar dan membuat mesin menyala.

Selain itu, tekanan yang diperlukan pun juga harus seimbang supaya bisa mendukung kinerja mesin untuk menyala. Jika tekanan ini tidak seimbang, maka dapat membuat motor menjadi susah dihidupkan ketika distarter.

Jika hal ini yang menjadi masalah, maka Anda bisa melakukan pengecekan melalui bagian busi. Buka bagian busi, lalu tutuplah lubang busi dengan memakai jari tangan Anda.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman

Selanjutnya, coba matikan bagian kontak motor dan nyalakan mesin motor dengan memakai starter engkol. Jika Anda tidak merasakan ada tekanan di sana, maka ada masalah yang perlu segera ditangani.

Untuk permasalahan ini, maka sebaiknya bawalah motor ke bengkel untuk mengetahui masalah secara lebih rinci. Solusi untuk masalah tersebut pun dapat segera dilakukan oleh tenaga ahli.

Tips supaya Motor Tidak Susah Hidup

Selain mengetahui penyebab motor susah hidup dan berbagai solusi terbaiknya, penting juga untuk Anda mengetahui tips menjaga mesin motor supaya tetap dalam kondisi prima.

Dengan begitu, maka Anda dapat meminimalisir risiko motor susah hidup. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dan perhatikan!

  • Panaskan mesin sebelum memakai motor.
  • Jika motor tidak akan digunakan dalam waktu lama, maka sebaiknya tetap dipanaskan juga mesinnya secara rutin.
  • Jaga kebersihan motor, jangan lupa untuk membersihkan atau mencucinya secara rutin.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Gunakan bahan bakar sesuai standar dan terjamin kualitasnya.
  • Jika ada komponen yang sudah habis masa pakainya, segera ganti dengan yang baru,
  • Lakukan servis secara berkala, silakan booking servis untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Itulah berbagai penyebab umum yang dapat membuat motor menjadi susah hidup beserta solusinya. Anda juga sudah mengetahui berbagai tips yang bisa dilakukan supaya bisa menjaga mesin motor sehingga tidak mengalami kendala ini ke depannya.

Tentunya, ketika mengalami kendala ini, jangan panik dan tetap tenang. Segera cari tahu penyebab motor susah hidup dan lakukan solusi terbaik sesuai dengan penjelasan di atas. Selanjutnya, untuk berbagai informasi otomotif lainnya, silakan kunjungi blog Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mesin Motor

Penyebab Sepeda Motor Turun Mesin

Turun mesin motor menjadi kata-kata yang tidak ingin Anda dengar ketika servis kendaraan di bengkel. Sebab, bila sudah turun mesin artinya Anda perlu mengeluarkan hingga jutaan rup...

selengkapnya