Tips & Trik

Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

PUBLISHED DATE : 23 Agustus 2023

116145757 S

Komponen busi yang mengalami kerusakan dapat menjadi faktor penyebab motor susah hidup, umumnya karena masa pakainya sudah habis.

busi rusak

iStock

Pastikan Anda memeriksa kondisi busi, jika sudah tampak longgar atau berwarna hitam pekat, maka itu merupakan pertanda kondisinya sudah tidak bagus.

Segera ganti dengan busi baru yang bisa berfungsi dengan optimal, supaya sistem pengapian motor tetap berjalan normal.

Lalu, jika ternyata masalahnya ada pada kabel busi, maka bagian tersebut juga sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

  • Relay Starter Tidak dalam Kondisi Baik

Baca Juga : Jenis Cairan yang Dapat Merusak Cat Mobil Anda

Jika relay starter mengalami kerusakan, maka sumber energi listrik tidak bisa mengalir dan menjadi penyebab motor susah menyala.

Untuk mengatasi masalah ini, silakan cek apakah fungsi relay masih berjalan atau tidak. Coba tekan relay dan starter dalam satu waktu, jika ada ketukan maka itu pertanda relay masih normal.

  • Ada Permasalahan pada Bagian Karburator

Bagian karburator juga dapat menjadi salah satu penyebab motor susah hidup. Jika melihat pada motor injeksi, maka karburator mempunyai peran penting untuk menyalurkan bahan bakar yang diperlukan mesin.

Apabila ada kerusakan atau masalah, maka bahan bakar tidak bisa tersalurkan dengan baik. Solusinya, yaitu dengan melakukan pemeriksaan tekanan pada bahan bakar. Buka bagian karburator dengan cara memutar dan menyetelnya.

Jika ada masalah banjir di dalamnya, maka Anda perlu mengeluarkan bahan bakar di dalamnya, lalu coba lagi nyalakan starter. Lakukan terus sampai mesin motor bisa menyala dengan normal.

  • Bahan Bakar Mesin yang Tidak Turun

Hal selanjutnya yang bisa menjadi penyebab yaitu bahan bakar tidak turun. Untuk mengatasinya, lepas bagian selang radiator, lalu lepaskan klem.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya