Tips & Trik

Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

PUBLISHED DATE : 23 Agustus 2023

116145757 S

Jika Anda merupakan pemilik kendaraan bermotor, mungkin saja pernah mengalami kendala berupa mesin motor susah dinyalakan. Ada beberapa penyebab motor susah hidup yang sebaiknya Anda ketahui, supaya bisa mengatasinya dengan solusi yang tepat.

Dengan mengetahui penyebab serta solusinya, maka Anda bisa lebih tenang jika mengalami kendala umum yang satu ini. Tidak selalu harus dibawa ke bengkel, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan secara mandiri jika hal ini terjadi.

Penyebab Motor Susah  Hidup dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami kendala motor susah hidup ketika akan berangkat kerja atau sedang buru-buru, tentu akan terasa mengganggu. Namun, jika mengetahui penyebab dan solusinya, maka akan lebih mudah untuk mengatasinya dengan tepat.

Maka dari itu, menjadi penting untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan di bawah ini supaya dapat mengetahui lebih lanjut tentang berbagai penyebab dan solusi untuk kendala motor susah hidup.

  • Terdapat Masalah di Bagian Aki

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab motor susah hidup yaitu apabila terdapat masalah di bagian komponen aki.

Aki memiliki fungsi sebagai penyuplai dan penyimpan tenaga listrik yang nantinya akan digunakan untuk berbagai kinerja mesin. Namun, komponen ini memang seringkali menjadi masalah umum untuk berbagai tipe motor.

Jika tegangannya kurang, maka dapat berdampak buruk bagi berbagai komponen lainnya. Kinerja dari mesin dan sistem kelistrikan dapat menurun atau terganggu.

Salah satu dampak yang sering terjadi yaitu mesin motor susah menyala. Aki yang melemah dapat menimbulkan masalah pada sistem starter, sehingga Anda menjadi kesulitan dalam menghidupkan mesin.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memakai kick starter hingga mencapai 450 RPM. Apabila masih belum bisa menyala dengan cara tersebut, maka Anda bisa memakai cara lainnya.

Baca Juga : Teknik Tepat Mengendarai Motor yang Memakai Boks

Cara kedua yang bisa menjadi solusi yaitu dengan mengecek pengisian di dalam komponen tersebut. Perlu dipastikan apakah pengisian listrik di dalamnya masih aman, atau terdapat masalah yang membuat listrik tidak tersalurkan dengan baik.

Jika memang ada masalah, maka aki dapat menjadi drop dan suplai energi menjadi terganggu. Solusinya, Anda perlu menggantinya dengan aki baru yang dapat berfungsi dengan optimal dan stabil.

  • Terjadi Korsleting pada Sistem Kelistrikan

Penyebab motor susah hidup yang kedua yaitu jika ada masalah korsleting pada sistem kelistrikan di motor Anda, terutama pada bagian starter. Hal ini bisa terjadi karena posisi terminal starter yang cukup berdekatan dengan logam mesin.

Untuk mengetahui penyebab ini, maka Anda bisa mengecek bagian tersebut. Jika ada bekas terbakar, maka itu bisa menjadi pertanda korsleting yang membuat mesin tidak dapat menyala.

Solusinya, sebaiknya segera bersihkan bagian tersebut, karena biasanya timbul kerak yang cukup terlihat. Bukalah sistem starter dari motor Anda, lalu bersihkan kerak tersebut. Biasanya, area itu akan berwarna hitam, karena merupakan bagian bekas terbakar.

Jika sudah, pasang kembali bagian sekering, namun jangan terlalu berdekatan, tambahkan penyekat jika diperlukan.

  • Busi Mengalami Kerusakan

Komponen busi yang mengalami kerusakan dapat menjadi faktor penyebab motor susah hidup, umumnya karena masa pakainya sudah habis.

busi rusak

iStock

Pastikan Anda memeriksa kondisi busi, jika sudah tampak longgar atau berwarna hitam pekat, maka itu merupakan pertanda kondisinya sudah tidak bagus.

Segera ganti dengan busi baru yang bisa berfungsi dengan optimal, supaya sistem pengapian motor tetap berjalan normal.

Lalu, jika ternyata masalahnya ada pada kabel busi, maka bagian tersebut juga sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

  • Relay Starter Tidak dalam Kondisi Baik

Jika relay starter mengalami kerusakan, maka sumber energi listrik tidak bisa mengalir dan menjadi penyebab motor susah menyala.

Untuk mengatasi masalah ini, silakan cek apakah fungsi relay masih berjalan atau tidak. Coba tekan relay dan starter dalam satu waktu, jika ada ketukan maka itu pertanda relay masih normal.

  • Ada Permasalahan pada Bagian Karburator

Bagian karburator juga dapat menjadi salah satu penyebab motor susah hidup. Jika melihat pada motor injeksi, maka karburator mempunyai peran penting untuk menyalurkan bahan bakar yang diperlukan mesin.

Apabila ada kerusakan atau masalah, maka bahan bakar tidak bisa tersalurkan dengan baik. Solusinya, yaitu dengan melakukan pemeriksaan tekanan pada bahan bakar. Buka bagian karburator dengan cara memutar dan menyetelnya.

Jika ada masalah banjir di dalamnya, maka Anda perlu mengeluarkan bahan bakar di dalamnya, lalu coba lagi nyalakan starter. Lakukan terus sampai mesin motor bisa menyala dengan normal.

  • Bahan Bakar Mesin yang Tidak Turun

Hal selanjutnya yang bisa menjadi penyebab yaitu bahan bakar tidak turun. Untuk mengatasinya, lepas bagian selang radiator, lalu lepaskan klem.

Biarkan hingga bensin di sana bisa mengalir ke bawah. Jika sudah terlihat bensinnya, maka coba nyalakan kembali mesin motor dengan memakai kick starter.

  • Ada Masalah pada Tekanan Kompresi

Selain berbagai penyebab motor susah hidup di atas, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu tekanan kompresi pada motor Anda.

Baca Juga : Android Auto vs Apple CarPlay: Fitur Suzuki S-Presso

Kendala yang satu ini biasanya terjadi pada pagi hari ketika Anda akan menyalakan kembali motor setelah semalaman tidak dipakai.

Untuk menyalakan motor, maka diperlukan tekanan kompresi sehingga gas di dalamnya menjadi mudah untuk terbakar dan membuat mesin menyala.

Selain itu, tekanan yang diperlukan pun juga harus seimbang supaya bisa mendukung kinerja mesin untuk menyala. Jika tekanan ini tidak seimbang, maka dapat membuat motor menjadi susah dihidupkan ketika distarter.

Jika hal ini yang menjadi masalah, maka Anda bisa melakukan pengecekan melalui bagian busi. Buka bagian busi, lalu tutuplah lubang busi dengan memakai jari tangan Anda.

Selanjutnya, coba matikan bagian kontak motor dan nyalakan mesin motor dengan memakai starter engkol. Jika Anda tidak merasakan ada tekanan di sana, maka ada masalah yang perlu segera ditangani.

Untuk permasalahan ini, maka sebaiknya bawalah motor ke bengkel untuk mengetahui masalah secara lebih rinci. Solusi untuk masalah tersebut pun dapat segera dilakukan oleh tenaga ahli.

Tips supaya Motor Tidak Susah Hidup

Selain mengetahui penyebab motor susah hidup dan berbagai solusi terbaiknya, penting juga untuk Anda mengetahui tips menjaga mesin motor supaya tetap dalam kondisi prima.

Dengan begitu, maka Anda dapat meminimalisir risiko motor susah hidup. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dan perhatikan!

  • Panaskan mesin sebelum memakai motor.
  • Jika motor tidak akan digunakan dalam waktu lama, maka sebaiknya tetap dipanaskan juga mesinnya secara rutin.
  • Jaga kebersihan motor, jangan lupa untuk membersihkan atau mencucinya secara rutin.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Gunakan bahan bakar sesuai standar dan terjamin kualitasnya.
  • Jika ada komponen yang sudah habis masa pakainya, segera ganti dengan yang baru,
  • Lakukan servis secara berkala, silakan booking servis untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Itulah berbagai penyebab umum yang dapat membuat motor menjadi susah hidup beserta solusinya. Anda juga sudah mengetahui berbagai tips yang bisa dilakukan supaya bisa menjaga mesin motor sehingga tidak mengalami kendala ini ke depannya.

Tentunya, ketika mengalami kendala ini, jangan panik dan tetap tenang. Segera cari tahu penyebab motor susah hidup dan lakukan solusi terbaik sesuai dengan penjelasan di atas. Selanjutnya, untuk berbagai informasi otomotif lainnya, silakan kunjungi blog Suzuki!

Berita Lainnya