Tips & Trik

Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-10-(2).jpg

Memiliki mobil MPV tentunya membawa keuntungan tersendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Multi Purpose Vehicle alias kendaraan multi fungsi, tak hanya muat banyak penumpang sehingga bisa jadi mobil keluarga, mobil MPV juga bisa memuat banyak barang bawaan jadi cocok untuk jadi mobil operasional penunjang pekerjaan Anda sehari-hari. 

Intensitas penggunaan mobil MPV yang cenderung tinggi membuatnya perlu perawatan ekstra. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah mengganti oli. Oli mesin mobil memiliki peranan penting dalam melindungi mesin dari gesekan sehingga mobil tetap awet dan bersih. Karena itu penting pula bagi Anda untuk memilih jenis minyak pelumas mesin yang baik untuk mobil Anda. 

Kualitas oli mesin yang baik akan memperpanjang usia pakai mesin mobil Anda. Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih oli mesin yang cocok untuk mobil MPV kesayangan Anda? Simak tips berikut ini!

Baca Juga : Tips Perawatan Sepeda Motor yang Wajib Anda Lakukan

Cara Memilih Oli Mesin Untuk Mobil MPV

Beberapa orang menyepelekan keberadaan oli. Bagi mereka oli hanyalah pelumas biasa, padahal oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin, anti karat dan penutup celah pada dinding mesin.Keberadaan oli mesin menjadikan pergesekan antar komponen mobil yang tersembunyi di balik kap mesin jadi lebih halus dan tidak mudah rusak. 

Memilih oli mesin tak boleh sembarangan, terutama jika mobil Anda adalah mobil MPV yang sangat Anda andalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Teliti memilih jenis oli mobil yang tersedia di pasaran, jangan langsung percaya iklan atau keunggulan yang ditawarkan. Apalagi punya persepsi oli mahal sudah pasti cocok dan baik untuk mobil MPV Anda. Perhatikan kandungan oli mesin yang cocok untuk mobil MPV agar memberi dampak optimal pada performa. 

Baca Juga : Mau Habiskan Weekend dengan Main Mobil Offroad? Ini Tipsnya

 

  • Pahami Spesifikasi Mesin

 

Hal pertama yang harus Anda pahami sebelum memilih oli mesin untuk mobil MPV adalah mengetahui spesifikasi mesin. Anda bisa membuka buku manual atau mencari tahu lewat online dan menemukan jenis oli yang cocok di sana. 

Baca Juga : Ini Cara Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara, Biar Aman

 

  • Cek Kekentalan Oli Dan Kodenya

 

Untuk mengetahui kekentalan oli, Anda bisa memeriksa kode SAE (Society of Automotive Engineer) yang kemudian diikuti oleh deretan angka di belakangnya, seperti 5W-50, 15W-50M 15W-40, dan yang lainnya. Cara membaca kode ini adalah dengan memperhatikan huruf ‘W’ yang terdapat di belakang angka awal merupakan singkatan dari ‘Winter’. Misalnya, kode SAE 15W-50 artinya oli tersebut memiliki SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 di kondisi suhu panas. Yang artinya oli tersebut sudah mampu memberikan perlindungan dari mesin dinyalakan hingga mesin berada di suhu tinggi. 

Selain kode tersebut perhatikan juga jenis mesin mobil yang biasa dilengkapi dengan istilah VVT, VVTi dll. Pada jenis mobil tersebut cocok dengan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. Hindari memberikan oli dengan kekentalan 20/50 pada mesin-mesin tersebut karena terlalu kental. 

 

  • Bahan Dasar Oli

 

Oli mesin terbagi jadi 2 jenis yaitu mineral dan sintetis. Masing-masing jenis oli memiliki karakter yang berbeda. Oli mobil terbagi dalam dua jenis dengan karakter yang berbeda, yakni mineral dan sintetis. Kedua jenis oli tersebut memiliki karakter yang berbeda. Oli mineral berasal dari ekstrak minyak bumi dengan molekul alami yang baik untuk merawat mesin mobil. Sementara oli sintetis adalah oli mesin yang terbuat dari dari bahan kimia. Oli sintetis biasanya cocok untuk mesin-mesin canggih seperti mesin turbo. Supercharger, DOHC dll yang membutuhkan pelumas berteknologi tinggi agar bisa menghasilkan performa maksimal. 

 

  • Pilih Oli Yang Memiliki Sertifikasi
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya