Tips & Trik

Wajib Tahu! Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dan Palsu

PUBLISHED DATE : 26 Desember 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Nov-Blog-10-(1).jpg

Kondisi komponen atau suku cadang, wajib selalu diperhatikan agar bisa terus berfungsi optimal dan menjaga kendaraan tetap berperforma. Memeriksa seluruh komponen kendaraan juga membuat Anda jadi tahu kapan harus mengganti suku cadang dengan yang baru. Baik itu suku cadang mobil atau suku cadang sepeda motor, sebagai pemilik kendaraan Anda wajib memberikan suku cadang berkualitas terbaik yang terjamin keasliannya. Sebab suku cadang yang palsu dan berkualitas rendah, bisa memicu kerusakan yang lebih parah di kemudian hari. 

Saat ini beragam suku cadang palsu bisa dengan mudah kita temukan di pasaran, baik itu di bengkel yang tidak resmi maupun situs jual beli online. Biasanya suku cadang ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Dari segi ciri-ciri fisik mungkin sekilas suku cadang palsu ini mirip sekali dengan yang asli, namun jika diteliti Anda tentu bisa menemukan perbedaannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian saat membeli suku cadang.

  • Periksa Keterangan Detail Pabrikan Suku Cadang

Saat ini Anda bisa membeli suku cadang mobil lewat online. Biasanya mungkin situs-situs belanja tersebut akan memikat pembeli dengan memberikan penawaran menarik dan diskon besar-besaran. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda harus teliti dengan jeli. Meskipun produk yang Anda lihat tampak berkualitas dan resmi, selalu pastikan Anda telah melakukan selalu verifikasi data pabrikan untuk setiap suku cadang yang Anda pilih. Suku cadang asli oleh OEM dirancang khusus sesuai model dan persyaratan mekanisnya. Namun sebaliknya, jika Anda menggunakan suku cadang tidak resmi atau aftermarket, akan membawa efek jangka panjang yang buruk terhadap kendaraan Anda. 

  • Ada Garansi

Baca Juga : Wajib Tahu! Penyebab Mesin Kapal Tempel Jadi Overheat

Salah satu keunggulan yang dimiliki suku cadang asli adalah adanya garansi. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kekurangan dari suku cadang tersebut, Anda bisa menggantinya dengan yang baru secara cuma-cuma. Biasanya suku cadang palsu juga punya garansi, namun usianya tak sepanjang dari suku cadang asli. Sementara suku cadang asli punya garansi dengan masa kadaluarsa yang beragam, bahkan hingga 12 bulan. 

  • Ada Label Penanda

Sebelum Anda memesan suku cadang mobil secara online, periksa dengan teliti lalu bandingkan deskripsi suku cadang yang ditawarkan dengan suku cadang yang Anda miliki dan hendak diganti. Periksa kecocokan dan kualitas komponen. Periksa label dan tanda pada komponen dengan hati-hati untuk memastikan nomor bagiannya sama. Sebagian besar bagian suku cadang memiliki nomor bagian yang tercetak pada kemasan. Tetapi pada beberapa produk lain nomor bagian tersebut tercetak pada komponen suku cadang itu sendiri, terutama jika suku cadang tersebut bentuknya lebih besar. 

  • Memiliki Sertifikat Asli

Keaslian suku cadang biasanya ditunjukkan lewat elemen label atau lambang yang terdapat pada produk ataupun kemasan. Selain itu suku cadang yang dibeli lewat online biasanya memiliki sertifikat resmi. Sertifikat ini biasanya memiliki nomor identitas dan kode keamanan untuk setiap produk.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Dengan sedikit ketelitian, maka akan menghindarkan Anda dari kerugian membeli suku cadang palsu. Selain lebih jeli saat membeli suku cadang, ada cara mudah untuk mendapatkan suku cadang asli yaitu dengan beli di aplikasi MySuzuki dan website https://www.suzuki.co.id. Dapatkan berbagai komponen suku cadang yang dijamin 100% keasliannya serta layanan penggantian dan suku cadang lewat teknisi profesional di bengkel resmi Suzuki. 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya