Tips & Trik

Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

PUBLISHED DATE : 23 Agustus 2023

116145757 S

Maka dari itu, menjadi penting untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan di bawah ini supaya dapat mengetahui lebih lanjut tentang berbagai penyebab dan solusi untuk kendala motor susah hidup.

  • Terdapat Masalah di Bagian Aki

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab motor susah hidup yaitu apabila terdapat masalah di bagian komponen aki.

Aki memiliki fungsi sebagai penyuplai dan penyimpan tenaga listrik yang nantinya akan digunakan untuk berbagai kinerja mesin. Namun, komponen ini memang seringkali menjadi masalah umum untuk berbagai tipe motor.

Jika tegangannya kurang, maka dapat berdampak buruk bagi berbagai komponen lainnya. Kinerja dari mesin dan sistem kelistrikan dapat menurun atau terganggu.

Salah satu dampak yang sering terjadi yaitu mesin motor susah menyala. Aki yang melemah dapat menimbulkan masalah pada sistem starter, sehingga Anda menjadi kesulitan dalam menghidupkan mesin.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memakai kick starter hingga mencapai 450 RPM. Apabila masih belum bisa menyala dengan cara tersebut, maka Anda bisa memakai cara lainnya.

Baca Juga : Wajib Tahu! Jenis, Fungsi Dan Cara Merawat Sensor Parkir Mobil

Cara kedua yang bisa menjadi solusi yaitu dengan mengecek pengisian di dalam komponen tersebut. Perlu dipastikan apakah pengisian listrik di dalamnya masih aman, atau terdapat masalah yang membuat listrik tidak tersalurkan dengan baik.

Jika memang ada masalah, maka aki dapat menjadi drop dan suplai energi menjadi terganggu. Solusinya, Anda perlu menggantinya dengan aki baru yang dapat berfungsi dengan optimal dan stabil.

  • Terjadi Korsleting pada Sistem Kelistrikan

Penyebab motor susah hidup yang kedua yaitu jika ada masalah korsleting pada sistem kelistrikan di motor Anda, terutama pada bagian starter. Hal ini bisa terjadi karena posisi terminal starter yang cukup berdekatan dengan logam mesin.

Untuk mengetahui penyebab ini, maka Anda bisa mengecek bagian tersebut. Jika ada bekas terbakar, maka itu bisa menjadi pertanda korsleting yang membuat mesin tidak dapat menyala.

Solusinya, sebaiknya segera bersihkan bagian tersebut, karena biasanya timbul kerak yang cukup terlihat. Bukalah sistem starter dari motor Anda, lalu bersihkan kerak tersebut. Biasanya, area itu akan berwarna hitam, karena merupakan bagian bekas terbakar.

Jika sudah, pasang kembali bagian sekering, namun jangan terlalu berdekatan, tambahkan penyekat jika diperlukan.

  • Busi Mengalami Kerusakan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Simulasi Shvs

Cara Kerja Teknologi SHVS

Cara kerja SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau Mild Hybrid telah menjadi topik pembicaraan yang menarik sekarang ini. Pasalnya, teknologi yang merupakan bagian integral dar...

selengkapnya