Tips & Trik

Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

PUBLISHED DATE : 01 Juni 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mudik_dengan_Motor.jpg

Mudik dengan sepeda motor merupakan hal yang menyenangkan. Selain lebih cepat dan praktis, biaya yang dibutuhkan untuk mudik pun tergolong lebih ringan ketimbang saat Anda memilih pulang kampung dengan membawa mobil sendiri.

Tapi harus ingat, jangan asal berangkat saja. Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor, Anda sebaiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Persiapkan Keperluan Pribadi

Baca Juga : Zebra Cross: Sejarah, Aturan dan Fungsinya

Persiapkan segala kebutuhan pribadi, mulai dari jas hujan, SIM, KTP, STNK, dan lainnya. Selain itu, persiapkan juga toolkits dan riding gear yang nyaman dikenakan, dari mulai jaket, helm, pelindung sikut dan lutut, sepatu riding, body protector dan kebutuhan lainnya. Siapkan sesuai dengan kebutuhan!

Jika Anda punya penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, dan sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Persiapkan Sepeda Motor

Baca Juga : 5 Bunyi Mengganggu Pada Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

Pastikan kondisi sepeda motor Anda siap tempur. Idealnya, sepeda motor yang akan dibawa mudik harus sudah masuk bengkel sejak 2 minggu, atau bahkan 1 bulan sebelum hari H. Lakukan servis secara menyeluruh, terutama bagian mesin, oli dan kelistrikan.

Selain itu, pastikan juga rem dan ban dalam kondisi prima. Jika kondisi ban dan kampas masih 50:50, jangan ragu untuk segera menggantinya.

Rencanakan Perjalanan

Baca Juga : Jenis-jenis Mobil yang Cocok Sesuai dengan Profesi

Rencanakan perjalanan Anda, lengkap dengan estimasi waktu perjalanan point per point. Misalnya, di titik A harus sampai jam 10 siang, titik B jam 12, dan titik C jam 3 sore dan seterusnya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan kebutuhan (tidak ugal-ugalan).

Setiap 2 jam sekali, tepikan kendaraan Anda untuk melakukan peregangan, dan beristirahat setidaknya 30 menit per 4 jam sekali. Jangan lupa, pilih tempat istirahat yang aman dan nyaman.

Persiapan Fisik dan Psikis Anda

Perjalanan mudik dengan motor bukanlah hal yang mudah dilakukan. Butuh kesiapan fisik yang prima, skil berkendara yang memadai dan emosi yang stabil. Makanya, jika kondisi psikis atau fisik Anda tidak memadai, sebaiknya urungkan niat mudik dengan motor dan pilih kendaraan umum saja.

Pastikan Anda selalu waspada dengan jalanan dan pengguna jalan lainnya, pacu kendaraan sesuai dengan kebutuhan (jangan ugal-ugalan) dan utamakan keselamatan Anda.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya