Tips & Trik

Tips Perencanaan Cicilan Kredit Mobil Suzuki

PUBLISHED DATE : 19 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-24.jpg

Membeli mobil dengan sistem pembayaran kredit merupakan salah satu solusi mudah agar Anda bisa memiliki mobil Suzuki idaman. Tentunya dengan membeli mobil secara kredit, Anda mengharapkan bisa mendapatkan penawaran terbaik mulai dari DP rendah dan cicilan yang ringan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit, ada beberapa yang harus Anda perhatikan agar tidak membebani keuangan Anda di kemudian harinya. 

 

Pastikan Harga Mobil Sesuai Anggaran 

Baca Juga : Gak Mau Kredit? Begini Cara Beli Mobil Cash

Hal yang paling utama sebelum beli mobil secara kredit, pastikan pilihan Anda jatuh kepada mobil Suzuki yang sesuai dengan anggaran. Hindari memilih mobil dengan harga di atas anggaran keuangan mobil yang telah Anda perkirakan hanya karena harganya bisa dicicil. Karena semakin tinggi harga mobil tentu semakin tinggi angsuran dan biaya administrasi per cicilannya. Jika ada sesuatu hal yang kiranya Anda belum paham, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan pihak dealer resmi Suzuki. Dapatkan informasi yang jelas mengenai kredit ataupun pinjaman mobil. Sehingga Anda bisa langsung mempersiapkan persyaratan lain untuk mengajukan kredit seperti uang muka dan dokumen kelengkapan lainnya.

Manfaatkan Simulasi Kredit Mobil Sebelum Menentukan Cicilan

Sebelum membeli mobil, Anda juga bisa mempersiapkan perhitungan untuk anggaran keuangan mobil yang lebih rinci dengan memanfaatkan simulasi kredit mobil Suzuki. Berikut adalah beberapa keuntungan melakukan simulasi kredit bersama Suzuki sebelum memutuskan untuk deal membeli mobil yang anda inginkan. 

  • Mengetahui Rincian Biaya

Baca Juga : Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan Kompresi dan Rasio Kompresi

Lewat simulasi kredit mobil Anda bisa mengetahui biaya yang akan Anda bayarkan secara lebih rinci. Biasanya tenor kredit mobil paling lama adalah 5 tahun, meskipun pada kondisi tertentu ada juga yang pihak dealer yang memberikan tenor kredit hingga 7 tahun. Di sini juga Anda bisa melihat berapa uang muka atau DP yang harus dibayarkan berikut berapa tenor angsuran dan cicilan perbulannya. Sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan perhitungan ini ke dalam anggaran yang telah Anda buat sebelumnya. 

  • Menentukan Jenis Mobil Yang Akan Dibeli

Dengan melakukan simulasi kredit terlebih dahulu, Anda bisa melihat apakah mobil pilihan Anda masuk anggaran keuangan mobil atau tidak. Lakukan perbandingan skema dari pembiayaan/pinjaman mobil dengan kondisi finansial yang anda miliki. Dari sini Anda bisa menentukan apakah perlu Anda memilih mobil tersebut atau bahkan sebenarnya Anda bisa memilih mobil jenis lain yang dengan harga lebih tinggi atau rendah. 

  • Dapatkan Promo Menarik Dari Sales Suzuki

Ketika anda melakukan simulasi kredit dari situs resmi Suzuki maupun datang langsung ke dealer resmi Suzuki, anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo menarik dari sales Suzuki selama persediaan masih Ada. 

Baca Juga : Ingin kredit Mobil? Ketahui Apa Itu DP dan Keuntungannya

Pilih Jumlah Uang Muka Yang Dibayarkan

Saat melakukan kredit mobil, memilih uang muka yang lebih tinggi akan membuat beban cicilan per bulan jadi lebih ringan. Pastikan anggaran Anda sudah siap untuk memilih DP yang lebih tinggi, jika dana belum siap Anda bisa menabung kembali dan menyesuaikan uang muka yang telah disarankan. Memilih skema cicilan dengan dengan DP yang tinggi juga semakin menunjukkan keseriusan Anda dalam mengajukan kredit mobil. Ini juga bisa jadi faktor penentu agar kredit Anda bisa lebih mudah disetujui. 

Buat Pos Anggaran Untuk Pembayaran Cicilan Mobil

Tips terakhir adalah tips ketika Anda telah deal dan melakukan pengajuan kredit mobil. Pastikan setelah membayar uang DP, Anda telah membuat pos anggaran terpisah untuk cicilan mobil per bulannya. Ini akan menghindarkan dana yang Anda peruntukkan membayar cicilan, terpakai untuk kebutuhan lain ataupun sebaliknya. Atur sedemikian rupa agar biaya cicilan tidak mengganggu kebutuhan bulanan Anda, mulai dari biaya hidup, tabungan hingga cicilan lain yang juga harus Anda bayar. 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya