Tips & Trik

Tanda Filter Oli Mesin Mobil Harus Diganti dan Tips Memilih

PUBLISHED DATE : 30 Maret 2022

124447544 S

Tips Memilih Filter Oli Mesin Mobil

50595775_s

Setelah mengetahui tanda-tanda filter oli harus diganti, maka Anda juga harus tahu tips dan trik cara memilih filter oli mesin tersebut. Berikut beberapa tipsnya yang bisa Anda terapkan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Kendaraan

Ada beragam jenis filter oli mesin mobil yang tersedia di pasaran. Saat membelinya, tentu harus disesuaikan dengan jenis mobil yang Anda miliki. 

Apalagi, filter oli mesin mobil ini merknya cukup banyak. Satu hal yang tidak boleh diabaikan ialah, Anda perlu memastikan bagian-bagian dari filter cocok dengan jenis mobil.

Jika tidak, filter oli tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dalam mengalirkan cairan olinya ke semua komponen. Tentu hal ini bisa membuat performa mobil menurun. 

Cek Ulir serta Diameter

Selanjutnya, pastikan Anda memilih ulir serta diameter lubang yang tepat dengan jenis mobil yang akan dipasangi filter. Ulir beserta diameter pada filter oli ini tidak dapat dipilih secara sembarangan.

Baca Juga : Intip Perbedaan Mekanisme Katup OHV, SOHC dan DOHC

Jika ulir serta diameternya tidak pas, ini akan membuat posisi filter tidak kencang. Bahkan, ini bisa membuat oli mobil merembes dan merusak komponen mobil lainnya. 

_________________________________________________________________________________

Katup Bypass dan Anti Balik

Berikutnya, jangan lupa lihat katup by-passnya. Fungsi katup by-pass pada filter ialah melapangkan aliran oli jika terjadi sumbatan di filter. 

Tidak hanya komponen ini, Anda juga harus memastikan filter oli mempunyai katup anti balik. Bagian ini terdiri dari ring karet serta ring baja.

Komponen tersebut memiliki fungsi sebagai pegas untuk membuat oli tetap berada di dalam mesin ketika mobil tidak menyala. Tujuannya untuk mengikat bagian filter oli dengan motor mesin supaya tetap berada di posisinya.

Kesimpulannya, filter oli mesin mobil harus diganti saat mulai rusak, dan gunakan produk yang tepat.

Penggantian komponen dan servis berkala kendaraan tersebut bisa dilakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat. Untuk lokasinya di setiap kota, cek dalam daftar situs dealer lokal berikut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya