Tips & Trik

Speedometer Mobil Tidak Akurat dan Error? Ketahui Penyebabnya!

PUBLISHED DATE : 17 Februari 2024

Speedometer1

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kerusakan pada panel pengukur kecepatan mobil Anda:

  • Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda sesuai dengan petunjuk pabrikan. Ini termasuk pergantian oli, periksa sistem kelistrikan, dan pemeriksaan umum pada komponen-komponen penting.

  • Pengecekan Sensor Kecepatan

Sensor kecepatan adalah komponen penting dalam pengoperasian panel kecepatan. Pengecekan dan pemeliharaan rutin pada sensor kecepatan dapat membantu mencegah gangguan yang dapat merusak pembacaan panel kecepatan.

  • Penggantian Oli Transmisi yang Tepat Waktu

Oli transmisi yang bersih dan berfungsi baik penting untuk menjaga kinerja gearbox dan sensor kecepatan. Anda harus secara rutin mengganti oli transmisi yang sesuai dengan jadwal dan telah direkomendasikan oleh pabrikan.

  • Periksa Kabel Penggerak

Kabel penggerak menghubungkan gearbox dengan panel kecepatan. Pastikan kabel penggerak dalam kondisi baik dan tidak mengalami kendor atau kerusakan.

  • Pemeliharaan pada Sistem Kelistrikan

Pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi baik. Periksa kabel, konektor, dan saklar yang terkait dengan panel kecepatan untuk memastikan tidak ada gangguan yang dapat merusak pembacaan.

  • Pengecekan Jarum dan Panel Instrumen

Baca Juga : Apa Itu Platina Mobil? Ketahui Ini Fungsi & Cara Kerjanya

Periksa secara berkala jarum pada panel instrumen untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan. Gangguan pada panel instrumen dapat memengaruhi kinerja panel kecepatan.

  • Hindari Memodifikasi

Anda juga harus menghindari melakukan modifikasi yang tidak sah pada panel instrumen kecepatan atau sistem kendali. Modifikasi yang tidak benar dapat merusak sistem kendaraan dan mengakibatkan kerusakan.

Perhatikan tanda-tanda gejala awal kerusakan pada panel kecepatan, seperti pembacaan yang tidak stabil atau lonjakan yang tidak masuk akal. Jika terdapat masalah, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat membantu menjaga kinerja speedometer mobil. Kemudian mencegah potensi kerusakan yang dapat memengaruhi akurasi pembacaan kecepatan kendaraan.

Jika speedometer Anda rusak, pastikan datang ke bengkel resmi Suzuki karena pasti terjamin kualitasnya dan terpercaya!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

Ketika hendak mengganti ban atau melakukan berbagai perbaikan lain untuk mobil, maka seringkali Anda butuh mengangkat mobil. Cara kerja dongkrak buaya terbilang cukup sederhana seh...

selengkapnya