Tips & Trik

Speedometer Mobil Tidak Akurat dan Error? Ketahui Penyebabnya!

PUBLISHED DATE : 17 Februari 2024

Speedometer1

Speedometer pada mobil adalah salah satu komponen penting yang memberikan informasi tentang kecepatan kendaraan. Namun, terkadang pengemudi mengalami situasi di mana penampil kecepatan ini tidak akurat atau bahkan mengalami error. 

Padahal, keakuratan penampil kecepatan pada mobil sangat penting untuk pengendara. Untuk itu, Anda harus mencari tahu penyebab penampil kecepatan kendaraan ini tidak akurat dan cara mengatasinya.

Ini Penyebab Jarum Speedometer Sering Error!

Alat penampil kecepatan pada mobil ini memiliki peranan penting untuk pengendara mengendalikan laju kendaraan. Apalagi jika berkendara di jalan bebas hambatan atau tol.

Apabila tiba-tiba jarum tidak lagi bergerak, atau bergerak tapi tak pasti, bisa jadi ada kerusakan pada alat tersebut. Kondisi ini terjadi karena beberapa penyebab berikut ini:

  • Masalah pada Kabel Penggerak

Kabel penggerak yang menghubungkan speedometer dengan transmisi atau gearbox dapat mengalami kerusakan atau kendor. Padahal kabel ini memiliki fungsi untuk melakukan transmisi jumlah rotasi ban ke alat pengukur kecepatan mobil.

Ini dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam perpindahan informasi kecepatan kendaraan. Apabila mengalami kendor atau bahkan putus, maka Anda tidak bisa melihat kecepatan mobil Anda. 

Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap kabel tersebut yang biasanya terletak pada bagian depan mobil. Kabel ini lentur dan diameternya hanya berukuran milimeter. Sehingga rawan putus apabila mobil memiliki usia yang cukup tua.

Tidak hanya itu, biasanya kabel mengalami kendor atau putus karena beberapa hal. Bisa saja tertarik, kabel yang mulai berkarat atau karena sering tertekuk.

  • Gearbox Mengalami Kerusakan

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Gearbox, atau transmisi, adalah salah satu komponen kritis dalam sistem penggerak kendaraan yang memiliki beberapa fungsi utama. Fungsi-fungsi tersebut melibatkan pengaturan rasio gigi untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan dalam berbagai kondisi. 

Untuk itu, gearbox sensor atau sensor kecepatan pada gearbox juga dapat menjadi penyebab ketidakakuratan pengukur kecepatan mobil. Jika sensor ini tidak berfungsi dengan baik, informasi yang diteruskan ke penunjuk kecepatan jadi tidak akan akurat.

Ada beberapa penyebab gearbox mengalami kerusakan. Antara lain pemasangan komponen yang tidak tepat, kondisi gearbox yang pecah hingga mengecilnya gigi pada gearbox.

Apabila kendaraan Anda memiliki masalah pada speedometer, Anda dapat melakukan pemeriksaan pada gearbox. Bisa jadi ada kerusakan pada bagian ini.

  • Masalah pada Kelistrikan

Penyebab yang ketiga adalah masalah pada kelistrikan mobil Anda. Pasalnya, kelistrikan ini menghubungkan semua panel pada dasbor kendaraan Anda. Sehingga jika ada kendala, bisa jadi penyebabnya karena hal ini.

Gangguan atau masalah pada sistem kelistrikan mobil, termasuk tegangan listrik yang tidak stabil, dapat memengaruhi kinerja sensor kecepatan dan alat pengukur kecepatan. Akibat kelistrikan terganggu, pembacaan kecepatan jadi tidak stabil atau error.

Selain tegangan tidak stabil, bisa juga karena pada sistem kelistrikan ada sekring yang rusak. Sekring ini terletak di sebelah terminal baterai positif. Fungsinya adalah untuk mengalirkan dan menghubungkan arus listrik. 

Apabila salah satu dari sekring ini mengalami kerusakan, tentu saja semua komponen kelistrikan di sekitarnya akan terganggu. Anda harus membawa ke tempat servis untuk memperbaikinya.

  • Kerusakan pada Panel Instrumen

Maksud dari panel instrumen adalah speedometer  itu sendiri. Apabila ada kerusakan pada panel tersebut, maka pembacaan jadi tidak akurat.

Meski hanya satu panel yang mengalami kerusakan, namun bisa menyebabkan indikator jadi tidak akurat. Untuk itu, Anda harus melakukan pemeriksaan pada indikator penunjuk tersebut.

Anda dapat melakukan pengecekan dengan mudah. Caranya dengan menggunakan alat bernama scan tool. Alat yang satu ini dapat mengetahui bagian mana saja yang mengalami kerusakan pada alat pengukur kecepatan mobil.

Setelah terdeteksi, Anda dapat melakukan penggantian panel tersebut. Supaya kinerja pengukur kecepatan kendaraan jadi kembali seperti sedia kala.

Namun demikian, Anda dapat melakukan pergantian di tempat service kesayangan Anda. Pemeriksaan panel jika Anda tidak memiliki alat, juga bisa Anda lakukan di bengkel terdekat.

  • Sensor Kecepatan Rusak atau Kotor

Alat pengukur kecepatan mobil yang modern, menggunakan sensor kecepatan untuk mengukur putaran roda dan menghasilkan informasi kecepatan kendaraan. Jika sensor ini rusak atau tercemar oleh kotoran, minyak, atau air, itu dapat mengakibatkan ketidakakuratan pada pembacaan kecepatan.

Sensor kecepatan yang mengalami kerusakan juga dapat menyebabkan lampu check engine hidup. Namun ini khusus untuk mobil dengan Engine Fuel Injection (EFI). 

Tidak hanya itu, mobil dengan rem ABS juga dipasangkan sensor kecepatan pada bagian roda. Sehingga apabila sistem rem tersebut mengalami kerusakan, tentu saja akan berpengaruh terhadap alat pengukur kecepatan mobil. 

Namun apabila mobil Anda masih menggunakan tali speedo, hal ini tidak terjadi. Penyebab alat pengukur kecepatan mati karena talinya terputus.

Hindari Speedometer Tidak Akurat dengan Hal Ini!

Mencegah kerusakan pada alat pengukur kecepatan mobil memerlukan perhatian dan perawatan rutin. Beberapa tindakan pencegahan dapat membantu memastikan bahwa alat ini berfungsi dengan baik dan memberikan informasi yang akurat. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kerusakan pada panel pengukur kecepatan mobil Anda:

  • Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda sesuai dengan petunjuk pabrikan. Ini termasuk pergantian oli, periksa sistem kelistrikan, dan pemeriksaan umum pada komponen-komponen penting.

  • Pengecekan Sensor Kecepatan

Baca Juga : Ketahui Cara Over Kredit Motor, Beserta Pengertian, Prosedur dan Tipsnya

Sensor kecepatan adalah komponen penting dalam pengoperasian panel kecepatan. Pengecekan dan pemeliharaan rutin pada sensor kecepatan dapat membantu mencegah gangguan yang dapat merusak pembacaan panel kecepatan.

  • Penggantian Oli Transmisi yang Tepat Waktu

Oli transmisi yang bersih dan berfungsi baik penting untuk menjaga kinerja gearbox dan sensor kecepatan. Anda harus secara rutin mengganti oli transmisi yang sesuai dengan jadwal dan telah direkomendasikan oleh pabrikan.

  • Periksa Kabel Penggerak

Kabel penggerak menghubungkan gearbox dengan panel kecepatan. Pastikan kabel penggerak dalam kondisi baik dan tidak mengalami kendor atau kerusakan.

  • Pemeliharaan pada Sistem Kelistrikan

Pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi baik. Periksa kabel, konektor, dan saklar yang terkait dengan panel kecepatan untuk memastikan tidak ada gangguan yang dapat merusak pembacaan.

  • Pengecekan Jarum dan Panel Instrumen

Periksa secara berkala jarum pada panel instrumen untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan. Gangguan pada panel instrumen dapat memengaruhi kinerja panel kecepatan.

  • Hindari Memodifikasi

Anda juga harus menghindari melakukan modifikasi yang tidak sah pada panel instrumen kecepatan atau sistem kendali. Modifikasi yang tidak benar dapat merusak sistem kendaraan dan mengakibatkan kerusakan.

Perhatikan tanda-tanda gejala awal kerusakan pada panel kecepatan, seperti pembacaan yang tidak stabil atau lonjakan yang tidak masuk akal. Jika terdapat masalah, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat membantu menjaga kinerja speedometer mobil. Kemudian mencegah potensi kerusakan yang dapat memengaruhi akurasi pembacaan kecepatan kendaraan.

Jika speedometer Anda rusak, pastikan datang ke bengkel resmi Suzuki karena pasti terjamin kualitasnya dan terpercaya!

Berita Lainnya