Tips & Trik

Speedometer Mobil Tidak Akurat dan Error? Ketahui Penyebabnya!

PUBLISHED DATE : 17 Februari 2024

Speedometer1

Apabila salah satu dari sekring ini mengalami kerusakan, tentu saja semua komponen kelistrikan di sekitarnya akan terganggu. Anda harus membawa ke tempat servis untuk memperbaikinya.

  • Kerusakan pada Panel Instrumen

Maksud dari panel instrumen adalah speedometer  itu sendiri. Apabila ada kerusakan pada panel tersebut, maka pembacaan jadi tidak akurat.

Meski hanya satu panel yang mengalami kerusakan, namun bisa menyebabkan indikator jadi tidak akurat. Untuk itu, Anda harus melakukan pemeriksaan pada indikator penunjuk tersebut.

Anda dapat melakukan pengecekan dengan mudah. Caranya dengan menggunakan alat bernama scan tool. Alat yang satu ini dapat mengetahui bagian mana saja yang mengalami kerusakan pada alat pengukur kecepatan mobil.

Setelah terdeteksi, Anda dapat melakukan penggantian panel tersebut. Supaya kinerja pengukur kecepatan kendaraan jadi kembali seperti sedia kala.

Namun demikian, Anda dapat melakukan pergantian di tempat service kesayangan Anda. Pemeriksaan panel jika Anda tidak memiliki alat, juga bisa Anda lakukan di bengkel terdekat.

  • Sensor Kecepatan Rusak atau Kotor

Baca Juga : Sensor Mobil Bunyi Terus? Ini Solusinya!

Alat pengukur kecepatan mobil yang modern, menggunakan sensor kecepatan untuk mengukur putaran roda dan menghasilkan informasi kecepatan kendaraan. Jika sensor ini rusak atau tercemar oleh kotoran, minyak, atau air, itu dapat mengakibatkan ketidakakuratan pada pembacaan kecepatan.

Sensor kecepatan yang mengalami kerusakan juga dapat menyebabkan lampu check engine hidup. Namun ini khusus untuk mobil dengan Engine Fuel Injection (EFI). 

Tidak hanya itu, mobil dengan rem ABS juga dipasangkan sensor kecepatan pada bagian roda. Sehingga apabila sistem rem tersebut mengalami kerusakan, tentu saja akan berpengaruh terhadap alat pengukur kecepatan mobil. 

Namun apabila mobil Anda masih menggunakan tali speedo, hal ini tidak terjadi. Penyebab alat pengukur kecepatan mati karena talinya terputus.

Hindari Speedometer Tidak Akurat dengan Hal Ini!

Mencegah kerusakan pada alat pengukur kecepatan mobil memerlukan perhatian dan perawatan rutin. Beberapa tindakan pencegahan dapat membantu memastikan bahwa alat ini berfungsi dengan baik dan memberikan informasi yang akurat. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya