Tips & Trik

Sistem Transmisi: Jenis, Komponen dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

Transmisi

Jika dilihat dari cara kerjanya lebih rumit dari sebelumnya karena saat mesin hidup poros input akan memutar counter gear. Dampaknya output gear yang terhubung akan mengambang dan ketika berputar justru poros output tidak akan berputar. 

    3. Jenis Synchromesh

Sebagian besar kendaraan justru memilih jenis transmisi Synchromesh karena perpindahan giginya lebih halus. Jika dilihat cara kerjanya sangat mirip dengan constant mesh hanya saja terdapat komponen ring sycnronisher yang ada di clutch hub. 

Fungsi dari komponen tersebut adalah untuk menyamakan putaran hub sleep dengan output gear ketika keduanya belum terkait. Hasilnya ketika Anda melakukan perpindahan pada mobil manual akan halus. 

    4. Jenis CVT

Continuously Variable Transmission juga jadi jenis sistem transmisi mobil matik yang perpindahannya secara variabel. Perlu dua gear yang memiliki variabel diameter dan dihubungkan menggunakan belt. 

Ketika diameter drive mengecil, maka driven akan memiliki gear yang diameternya lebih besar. Ketika drive gear membesar, maka driven gear akan mengecil. Hasilnya putaran output akan disamakan dengan input yang ada di mesin. 

    5. Jenis Automatic Gear Shift

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Speedometer, Odometer dan Tachometer

Mobil otomatis juga memiliki jenis transmisi automatic gear shift. Konsepnya sendiri adalah mengintegrasikan aktuator hidrolik yang operasionalnya melalui Electronic Control Unit (ECU) dan juga Transmission Control Module (TCM). 

Kedua komponen tersebut berfungsi untuk mengontrol kinerja kopling serta perpindahan gigi yang disesuaikan dengan putaran mesin. Apabila dilihat dari cara kerjanya mirip dengan transmisi manual, hanya saja tidak ada pedal ketiga. 

sistem_transmisi

Komponen Utama yang Ada dalam Sistem Transmisi

Apapun jenis transmisinya selalu memiliki komponen utama yang tidak terpisahkan. Jadi meskipun cara kerjanya berbeda, namun untuk urusan komponen sistem transmisi  kurang lebih sama. 

Berikut ini apa saja komponen utama dalam sistem transmisi yang perlu Anda ketahui. 

  1. Main Gear

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya