Tips & Trik

Safety First, Mari Mengenal Macam-macam Pelampung

PUBLISHED DATE : 22 April 2021

Macam Macam Pelampung

Setelah mengetahui berbagai jenis pelampung yang biasa digunakan untuk renang, maka selanjutnya Anda perlu mengenal macam-macam pelampung yang biasa digunakan untuk keselamatan. Jenis-jenis pelampung untuk keselamatan tersebut antara lain sebagai berikut. 

  • Throwable Device 

Sebagai jenis pelampung yang digunakan dalam penyelamatan, throwable device berfungsi untuk menolong seseorang yang mengalami kesulitan dalam air.

Jenis pelampung tersebut tidak cocok digunakan untuk orang yang telah lama di perairan karena tidak biasa berenang atau tidak sadarkan diri. 

Hal tersebut dikarenakan throwable device merupakan jenis pelampung keselamatan yang memiliki bentuk seperti bantal atau cincin.

Rancangan tersebut juga khusus diperuntukkan bagi yang mengalami kesulitan di air, sehingga dapat dilempar kepada seseorang yang membutuhkan pelampung tersebut. 

  • Special Use Device 

Jenis pelampung yang digunakan untuk keselamatan berikutnya adalah special use device. Pelampung tersebut juga dikenal dengan jaket hybrid atau gabungan. Rompi khusus tersebut dapat Anda gunakan juga untuk bekerja. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Di dalam pelampung special use device juga terdapat peralatan khusus yang dapat Anda gunakan untuk meniup pelampung tersebut. Nantinya, daya apung pada rompi tersebut akan bertambah menjadi lebih tinggi setelah ditiup. 

  • Near-Shore Vest

Near-Shore Vest merupakan sebuah pelampung keselamatan yang memiliki tipe klasik. Untuk penggunaannya, jenis pelampung tersebut dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Jenis pelampung tersebut juga dibuat khusus untuk digunakan dalam kondisi air yang tenang.  

  • Flotation Aid 

Jenis pelampung keselamatan yang cukup sering digunakan di banyak kebutuhan adalah flotation aid.

Hal tersebut karena rancangannya yang membuat pengguna merasa nyaman. Bentuk dan tipe yang ditawarkan juga beragam, sehingga penggunanya dapat memilih sesuai selera masing-masing. 

Sama halnya seperti jenis pelampung Near-Shore Vest, Flotation Aid juga dirancang untuk Anda gunakan dalam perairan yang tidak berarus. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakan pelampung flotation aid dalam olahraga arung jeram atau sejenisnya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya