Tips & Trik

Mengenal Mesin Tempel Kapal

PUBLISHED DATE : 29 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-26-(1).jpg

Tak hanya hadir sebagai produsen kendaraan roda 4 dan roda 2 saja, SIS lewat Suzuki Marine juga turut serta menghadirkan penunjang transportasi air terbaik lewat deretan mesin outboard atau mesin tempel keluarannya. 

Mesin tempel sendiri adalah mesin penggerak yang biasa ditempel pada bagian buritan kapal kecil atau perahu untuk bisa bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi. Tak hanya itu, dengan mesin tempel Anda bisa mengatur laju perahu atau kapal agar bisa berputar pada suatu sumbu. 

Komponen mesin tempel sendiri terdiri dari penggerak, transmisi serta jet air. Untuk mesinnya, Suzuki Marine tadinya menyediakan 2 pilihan yakni mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Namun seiring perjalanan, mesin 4 tak dinilai lebih unggul dari segi efisiensi dan juga lebih minim polusi. Sehingga saat ini Suzuki Marine lebih fokus dalam penjualan mesin atau motor tempel 4 tak. 

Baca Juga : Macam-Macam Cara Membersihkan Helm dan Mencucinya

Sementara bagi Anda yang membutuhkan mesin tempel sebagai kebutuhan sehari-hari, baik itu untuk hobi maupun alat transportasi apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin perahu motor ini? Berikut adalah ciri-ciri mesin tempel ideal yang layak untuk dipakai sehari-hari. 

Torsi Maksimal

Layaknya memilih kendaraan lainnya, Anda harus memperhatikan spesifikasi dan tenaga yang dimiliki oleh mesin tempel yang akan dibeli. Pastikan mesin tempel memiliki torsi maksimal yang bisa memanfaatkan setiap tetes bahan bakar yang mengalir pada silinder. Karena mesin tempel yang bagus adalah mesin tempel yang mampu memberikan torsi maksimal dari pembakaran BBM. 

Baca Juga : Desain Mobil Yang Cocok Dengan Kendaraan Keluarga Anda

Hemat Bahan Bakar

Jangan langsung tertarik pada harga mesin tempel yang murah. Pastikan dahulu seberapa efisien mesin tempel terhadap penggunaan bahan bakar. Biasanya mesin tempel yang baik dan irit, memiliki sistem pembakaran yang bersih. 

Desain Modern

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Mesin tempel dengan tampilan yang modern tentu saja bisa meningkatkan penampilan dan juga rasa percaya diri anda dalam menaiki perahu. Selain performa, perhatikan juga tampilan desain saat memilih mesin tempel. Pastikan pola atau corak masih netral untuk dipakai pada perahu atau kapal jenis dan warna apa saja. 

Sistem & Fitur Mumpuni

Selain ketiga kriteria sebelumnya, mesin tempel yang baik tentunya harus punya sistem canggih dan fitur mumpuni yang memudahkan Anda dalam berkendara menyusuri perairan. Salah satu contoh mesin tempel yang baik dan ideal untuk digunakan sehari-hari adalah mesin tempel Suzuki DF325A.

Mesin ini memiliki kapasitas 4.390 cc dengan satu-satunya mesin tempel di dunia yang memiliki dual propeller yang putarannya berbeda arah. Inovasi ini membuat kapal lebih stabil dan efisiensi bahan bakar meningkat. Dengan menggunakan bahan bakar oktan rendah yaitu oktan 91, mesin tempel Suzuki DF325A dijamin iritnya karena bisa menghasilkan tenaga 300HP. 

Sementara dari mesin, teknologi yang ada pada mesin 4 tak pada ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Lean Burn System yang membuat konsumsi bahan bakar jadi irit. Fitur Timing Chain dengan Self Adjusting Technology, 2-stage Gear Reduction dan Offset Driveshaft yang bisa membuat tenaga mesin bertambah dan bisa mengurangi getaran pada mesin. Lalu, ada fitur New Multi Function Gauge yang memungkinkan kita untuk mengetahui informasi mengenai tachometer, kecepatan dan bahan bakar sehingga membuat anda jadi lebih mudah untuk mengetahui informasi yang anda butuhkan saat beraktivitas.

Adanya Direct Intake System menjadikan mesin selalu kering pada saat pemakaian. Meskipun mesin sering digunakan untuk beraktivitas di laut atau danau, mesin ini akan tetap kering. Selain itu, mesin ini memiliki fitur Dual Water Inlet yang mendinginkan mesin dengan meminimalisir gesekan  dengan menggunakan kombinasi antara pompa air kecil dan tekanan air yang dinamis.

Suzuki DF325A memiliki desain propeller 3 bilah dengan tujuan untuk membuat akselerasi mesin jadi lebih cepat dan meningkatkan performa mesin saat  anda memacu mesin ini dalam kecepatan tinggi juga jika anda membawa barang bawaan berat maka mesin tidak akan mengalami kendala yang berlebih.

Suzuki DF325A memiliki bahan bakar ekonomis dan handal. Injeksi yang digunakan pada mesin ini bisa menopang 2 hal, yaitu menyemprotkan bahan bakar dan membuat silinder menjadi dingin melalui Dual Injection System. Dengan memiliki Piston yang berteknologi canggih membuat mesin ini kuat disegala medan.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-28-(1)-(1)-(1)-(1)-(1)-(1).jpg

Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Suzuki Indomobil Sales tak hanya menghadirkan produk-produk kendaraan roda 4 dan roda 2 terbaik tapi juga menangani penjualan mesin Outboard Motor (OBM) lewat unit bisnis Suzuki Ma...

selengkapnya