Tips & Trik

Safety First, Mari Mengenal Macam-macam Pelampung

PUBLISHED DATE : 22 April 2021

Macam Macam Pelampung

Beberapa dari Anda mungkin sering melihat bahwa pelampung biasanya digunakan sebagai alat keselamatan untuk orang-orang yang kurang mahir dalam berenang. 

Untuk mengatasi kekhawatiran akan tenggelam, maka banyak yang memanfaatkan pelampung sebagai alat pelindung diri.  Pelampung sendiri ada yang digunakan khusus untuk keselamatan dan ada yang dirancang sebagai pelampung renang. 

Macam-macam Pelampung Renang 

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata pelampung tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Saat ini ada macam-macam pelampung renang yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, ukuran yang disediakan juga beragam disesuaikan dengan penggunaannya. 

  • Pelampung Pinggang (Swim Belt)

Jenis pelampung renang pertama yang perlu Anda ketahui adalah pelampung pinggang atau swim belt. Pelampung untuk orang dewasa tersebut dibuat dengan tali yang memiliki lebar 2 inchi dengan sebuah tali elastis pada bagian belakangnya. 

Ikat pinggang pada pelampung tersebut juga mudah dipasang sehingga tidak menyulitkan Anda saat menggunakannya. Ketika menggunakan pelampung pinggang, tubuh Anda akan mengapung dalam posisi vertikal, sehingga membuatnya terasa nyaman. 

Baca Juga : Wajib Baca! Panduan Membeli Mesin Perahu Tempel

Pelampung pinggang telah dipercaya oleh orang-orang dari beberapa kalangan, baik dari tingkat pemula, atlet renang, hingga pelatih renang. Anda dapat dengan bebas bergerak ketika menggunakan pelampung tersebut karena dilengkapi dengan gesper di bagian punggungnya. 

Harga yang ditawarkan untuk setiap pembelian pelampung pinggang juga cukup terjangkau. Biasanya mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 350.000,-. Harga tersebut tentunya disesuaikan dengan merek dan bahan yang digunakan. 

  • Rompi Pelampung (Life Jacket)

Rompi pelampung atau life jacket termasuk dalam macam-macam pelampung yang digunakan untuk keselamatan, termasuk dalam olahraga renang. Jenis pelampung tersebut akan membantu Anda yang masih belajar berenang sehingga akan tetap aman. 

Rompi pelampung merupakan jenis pelampung yang cukup sering digunakan, khususnya oleh anggota angkatan laut untuk menjaga keselamatan selama berlayar. Harga yang ekonomis dengan daya apung yang tinggi membuat rompi pelampung ini dijadikan pilihan. 

Bagi Anda yang ingin membeli rompi pelampung, maka perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 80.000,- sampai Rp. 350.000,-. Semakin mahal harga rompi yang ditawarkan, maka kualitas yang diberikan juga akan semakin baik. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya