Tips & Trik

Radiator Mobil Bocor? Begini Solusi dan Tips Merawatnya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Ertiga 2020

Selain itu, fungsi lainnya  adalah untuk mengatur cairan freon yang ada pada AC mobil. Radiator bekerja untuk memompa dan membuka termostat sampai panas sehingga AC bisa digunakan.

Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Radiator Mobil

Radiator mobil merupakan salah satu komponen penting kendaraan yang harus dirawat secara rutin. Seringkali radiator ini mengalami kerusakan pada bagian tertentu. Contoh kerusakan yang terjadi misalnya adalah pipa kapiler yang tersumbat dan beberapa bagian mengalami kebocoran.

Pipa kapiler yang tersumbat biasanya karena adanya kerak. Kerak muncul akibat cairan di dalam radiator memiliki kandungan mineral sangat tinggi. Ketika airnya mendidih, munculah kerak yang dapat mengganggu kerja radiator.

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Radiator

Penyebab pertama mengapa radiator mobil Anda rusak atau radiator bocor bisa terjadi karena usianya yang sudah terlalu tua. Jadi ketika Anda memiliki radiator yang sudah berumur misalnya 5 tahun dan mulai mengalami kerusakan, gantilah dengan yang baru. Radiator rusak disebabkan karena usianya.

Selanjutnya, bisa dengan cara memeriksa komponen pada radiator setelah jarak tempuh 4.000 km. Radiator yang dibiarkan bekerja dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan karena komponen di dalamnya rentan terkena debu dan kotoran.

Baca Juga : Ini Keunggulan Spesifikasi Keyless GSX-R150

radiator_bocor

Tips Perawatan Radiator Mobil

Untuk memastikan bahwa radiator tetap awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Ini juga akan menghindarkan komponen tersebut dari kerusakan. Berikut beberapa solusi dan tips perawatannya.

  • Menggunakan Radiator Coolant

Tips pertama yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kebocoran pada radiator adalah memakai coolant. Coolant merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk mengatasi karatan yang terjadi pada radiator mobil. Coolant juga berfungsi untuk mengurangi kotoran yang terdapat di dalam radiator.

Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai Anda mudah tergiur dengan harga air coolant yang terbilang murah. Bisa saja air coolant tersebut tidak memiliki kualitas yang baik dan justru akan merusak kondisi radiator. Anda bisa memilih air coolant dari pabrik aslinya, walaupun harganya cukup mahal.

  • Pastikan Bahwa Radiator Sudah Tertutup Rapat

Selanjutnya adalah pastikan bahwa radiator sudah tertutup dengan rapat. Pasalnya jika bagian tutup radiator belum tertutup dengan rapat, dikhawatirkan coolant tidak tahan dengan panas.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya