Tips & Trik

Ternyata Ini Ciri Tutup Radiator Rusak & Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/122771270_s_(1).jpg

Untuk Anda yang merupakan pemilik kendaraan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan radiator.

Dalam hal ini, tutup radiator tersebut, ternyata memiliki fungsi penting dan jika sampai rusak, bisa menjadi masalah besar. Berikut adalah ciri tutup radiator rusak dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Tutup Radiator

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Car Seat Bayi yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

Tutup radiator memiliki beberapa komponen yaitu vacuum valve, relief valve, dan karet tutup radiator. Sebenarnya, fungsi utama dari tutup radiator adalah untuk menjaga tekanan ideal yang berada pada mesin kendaraan. Letaknya tentu saja di mulut radiator (mesin). 

Untuk cara kerjanya adalah dengan menyetel sistem pendingin supaya bisa seimbang dan tidak menyebabkan kebocoran air. Jadi, ketika suhu sangat panas, maka tutup akan membuka katupnya, kemudian membuang tekanan ke reservoir radiator. 

Begitu juga sebaliknya. Jika tekanan tinggi, maka penutup akan membuka vacuum valve supaya bisa menambah tekanan dan menjaga supaya tetap ideal.

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Ciri-ciri Tutup Radiator Rusak dan Penyebabnya

132665296_s__1_

Ternyata, meskipun terlihat sepele, tetapi fungsi dari tutup radiator cukup penting karena akan mengendalikan air di dalam radiator. Lalu, apa saja ciri tutup radiator rusak & penyebabnya? 

Baca Juga : Panduan Membeli Sepeda Motor Suzuki

Berikut ciri-ciri yang perlu Anda waspadai, bisa dicek di halaman selanjutnya.

_________________________________________________________________________________________________

  • Karet di Katup Pressure Valve Getas Kemudian Pecah

Pressure valve adalah bagian yang fungsinya menjaga tekanan pada dalam saluran sistem pendingin supaya selalu seimbang dan tetap stabil. Jika Anda menemukan karetnya getas, pecah, atau bahkan sobek, maka ciri ini bisa menandakan tutup radiator rusak. 

Penyebabnya adalah tekanan dalam saluran pending yang terus meningkat, kemudian kekuatan tekanannya melebihi kemampuan pegas di pressure valve.

Nantinya, karet pada katup lama kelamaan akan rusak dan aliran air akan keluar dari tempat pressure valve.

  • Katup Vacuum Valve Hilang/ Pecah

Tutup radiator memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk mengatur pendinginan mesin.

Salah satu ciri dari tutup radiator yang rusak adalah mesin terlalu panas. Penyebabnya biasanya akibat dari patah atau pecahnya katup vacuum valve. Atau, bisa juga katupnya hilang.

  • Tank Reservoir  Radiator Penuh

Selanjutnya, Anda bisa periksa kondisi kerusakan pada tutup radiator dengan memantau kondisi mesin, kemudian juga cek jumlah cairan pendingin yang ada di dalamnya. Cirinya adalah ketika reservoir tank radiator  penuh dengan air dari radiator.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya