Tips & Trik

Radiator Mobil Bocor? Begini Solusi dan Tips Merawatnya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Ertiga 2020

Untuk komponen yang ketiga adalah selang dan klemnya. Dua bagian yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada radiator ini harus selalu dalam kondisi aman.

Sedangkan komponen yang terakhir adalah penutup radiator. Cobalah untuk memeriksa karet dan pegas pada penutup radiator apakah mengalami kerusakan atau tidak.

  • Selalu Bersihkan Tangki Radiator

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari radiator mobil bocor adalah membersihkan bagian tangkinya. Caranya, cukup dengan menguras air yang ada di dalam tangki secara rutin. Air yang tidak dikuras dalam waktu lama bisa menyebabkan radiator bocor dan mengalami korosi.

Waktu yang tepat untuk membersihkan tangki radiator misalnya 2 minggu sekali. Anda bisa membuat alarm pengingat agar tidak lupa untuk membersihkan tangki radiator ini.

  • Menguras Air Radiator Setiap 20.000 KM

Ketika mobil Anda sudah mencapai 20.000 KM ada baiknya untuk langsung menguras air yang terdapat dalam radiator. Pasalnya, air dalam radiator pasti sudah berubah warna. Karena itulah Anda harus segera mengganti air radiator dengan yang baru.

Baca Juga : Bukan Hanya Terang Saja, Ini Kelebihan Lampu LED Motor

Akan tetapi ada sebagian kendaraan yang ketika sudah mencapai 20.000 KM airnya masih belum berubah warna juga. Kendati demikian, jika air radiator mobil Anda tidak berubah warna dan sudah mencapai 20.000 KM, alangkah baiknya untuk tetap diganti saja. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengganti air radiator, bisa langsung membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Yang terpenting, jangan menunda waktu penggantian air.

  • Tidak Diperkenankan Mengisi Ulang Dengan Air Biasa

Bagi yang malas pergi ke bengkel resmi untuk mengganti air radiator dan lebih memilih melakukannya sendiri, Anda bisa melakukannya di rumah. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai air yang digunakan adalah jenis air biasa atau air hujan. Ini sangat membahayakan radiator mobil.

Pastikan bahwa Anda memilih cairan atau coolant yang pas. Coolant yang pas bisa mengantisipasi panas dan karat yang bisa membahayakan radiator mobil.

Melakukan perawatan secara rutin ini bisa menghindari radiator bocor pada mobil. Pastikan agar tidak pernah telat melakukan perawatan terhadapnya dengan langkah yang tepat pula.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya