Tips & Trik

Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

PUBLISHED DATE : 16 September 2023

Muffler Knalpot

Karena merupakan bagian dari sistem pembuangan, maka keberadaan komponen ini tidak boleh diremehkan, kualitasnya pun perlu dijaga dengan baik supaya tidak mengalami masalah.

Fungsi Muffler Knalpot Mobil

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari muffler knalpot. Pastikan Anda menjaga kondisi komponen yang satu ini supaya seluruh fungsinya dapat berjalan dengan baik.

1. Meredam Suara Bising

Fungsi pertama dari komponen ini yaitu untuk meredam suara bising yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin. Muffler akan membuat suara tersebut tidak terlalu berisik, sehingga lebih nyaman untuk terdengar.

Tanpa adanya komponen muffler, maka bisa jadi suara bising tersebut mengganggu pengendara atau orang-orang di sekitarnya. Tentu saja, ini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh pemilik kendaraan.

Muffler dapat meredam suara karena memiliki jalur gas buang yang sudah diatur sedemikian rupa. Sekat pipa berliku yang terdapat pada komponen ini membuatnya semakin optimal ketika meredam suara pada proses pembuangan.

2. Meningkatkan Performa Kendaraan

Fungsi kedua dari komponen muffler knalpot mobil yaitu untuk meningkatkan performa kendaraan Anda.

Tekanan dari gas buang dapat berkurang dan mesin dapat lebih optimal dalam mengeluarkan tenaganya. Selanjutnya, laju kendaraan pun dapat meningkat dengan lebih efektif.

Baca Juga : Panduan Memilih Cairan Radiator: Pentingnya Pendinginan Optimal

Maka dari itu, kondisi komponen ini perlu diperhatikan dengan baik, supaya performa sistem pembuangan pada kendaraan Anda tetap terjaga dengan optimal.

3. Mengurangi Tingkat Emisi Gas

Pada kinerja mesin mobil, ada berbagai jenis gas buang yang dihasilkan, termasuk nitrogen oksida, karbon monoksida, dan hidrokarbon.

Campuran dari berbagai jenis gas tersebut, jika tidak dikendalikan dengan baik, maka akan berdampak buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

Komponen muffler knalpot mobil dapat berguna untuk melakukan penyaringan bagi gas berbahaya tersebut, serta dapat mengurangi tingkat gas buangnya. Dengan begitu, emisi gas yang dikeluarkan dapat menjadi lebih ramah untuk lingkungan.

muffler knalpot mobil

Sumber: istock 

4. Mempercantik Tampilan Mobil

Selain fungsi secara teknis, ada juga fungsi muffler dari segi estetika. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, muffler merupakan komponen yang cukup terlihat tampilannya, sehingga hal ini dapat menjadi perhatian untuk banyak orang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Aki Motor2

Tips Perawatan Aki Motor

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah yang berguna untuk menyal...

selengkapnya