Tips & Trik

Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

PUBLISHED DATE : 16 September 2023

Muffler Knalpot

Setelah mengenal jenis muffler berdasarkan bahan bakunya, selanjutnya ada juga jenis berdasarkan konstruksinya, yaitu sebagai berikut:

1. Muffler Asli Pabrikan

Pertama, ada muffler asli pabrikan atau yang juga disebut dengan produk original. Jenis ini memiliki akses pipa buang dan pipa masuk, sehingga sirkulasinya menjadi lebih lancar.

Dengan sirkulasi yang lancar tersebut, maka dapat membuat gas buang memiliki temperatur yang rendah.

Karena merupakan produk asli, maka sudah pasti kerjanya terjamin dalam mendukung sistem pembakaran kendaraan dengan optimal.

2. Muffler Ruang Resonansi

Muffler ruang resonansi  memiliki berbagai lubang di dalamnya, supaya dapat melakukan berbagai ekspansi gas. Dengan begitu, komponen ini dapat meningkatkan performanya dalam melakukan pembuangan gas emisi.

Ruang resonansi yang dimiliki oleh muffler jenis ini bisa dapat sangat berguna untuk meminimalisir berbagai gas berbahaya yang bisa dilepaskan ke lingkungan.

3. Muffler Zig-zag

Jenis selanjutnya ada muffler zig-zag. Sesuai dengan namanya, muffler jenis ini memiliki ruang zig-zag di bagian tabungnya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Merawat Kampas Rem Motor Anda

Desain tersebut dibuat bukan tanpa alasan, karena dapat berfungsi dalam meminimalisir emisi gas yang dibuang. Selain itu, suara yang diredam pun dapat lebih optimal.

4. Muffler Berbentuk Lurus

Terakhir, ada jenis muffler yang berbentuk lurus. Di sekelilingnya, terdapat lubang dan bahan penyerap untuk komponen pelapisnya.

Desain tersebut berguna untuk meredam lebih banyak suara yang dihasilkan dalam proses pembakaran.

Biasanya, jenis ini umum dipakai untuk kendaraan yang suaranya cukup bising, supaya daya redamnya semakin optimal dan tidak mengganggu sekitarnya.

Itulah berbagai penjelasan tentang komponen muffler pada sistem pembuangan mobil, mulai dari pengertian, fungsi, dan jenisnya.

Pada perkembangannya, ada banyak pengendara yang melakukan modifikasi pada komponen ini, karena ada berbagai desain menarik yang bisa digunakan. Namun, pastikan Anda tidak melupakan fungsi utama dari komponen ini pada sistem pembuangan.

Pastikan Anda memilih jenis muffler knalpot mobil sesuai dengan kebutuhan, lalu pakailah produk yang asli karena terjamin kualitasnya. Jika masih bingung untuk menentukan, Anda dapat mengunjungi bengkel terdekat untuk bertanya lebih lanjut atau melihatnya di sini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya