Tips & Trik

Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

PUBLISHED DATE : 16 September 2023

Muffler Knalpot

Karena memiliki beragam desain, Anda pun dapat memilihnya sesuai dengan selera. Bisa juga, disesuaikan dengan tema atau konsep dari mobil tersebut, misalnya untuk konsep modern atau sporty.

Dengan memilih desain yang paling cocok, maka tampilan mobil akan terlihat lebih menarik.

Namun, ketika memilih desain, jangan lupakan fungsi-fungsi lain dari komponen ini. Pastikan variasi desain yang dipilih tidak mengganggu fungsi utamanya sebagai peredam.

Jenis-jenis Muffler Knalpot Mobil

Ada berbagai jenis muffler yang bisa digunakan untuk mobil Anda, berdasarkan bahan baku yang digunakan dan berdasarkan konstruksinya. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut terkait jenis-jenis muffler mobil.

  • Jenis Muffler Berdasarkan Bahan Bakunya

Ketika hendak memilih jenis muffler, maka Anda bisa melihat dari segi bahan bakunya. Berikut merupakan beberapa jenis muffler yang umum digunakan jika berdasarkan bahan bakunya.

1. Bahan Aluminium

Bahan pertama yang umum dipakai untuk komponen muffler yaitu aluminium. Jenis pertama ini cocok untuk Anda yang menginginkan muffler yang cenderung ringan.

Namun, meski ringan, daya tahannya terbilang cukup tinggi dalam menghadapi risiko karat.

2. Bahan Titanium

Baca Juga : All New Ertiga Hybrid: Mobil Keluarga Berkualitas

Selanjutnya, ada jenis muffler berbahan titanium yang juga memiliki kelebihan yaitu sifat anti karatnya. Bobotnya juga masih terbilang ringan, namun tetap memiliki daya tahan yang tinggi untuk suhu panas.

Dengan bahan titanium, muffler dapat memiliki usia pakai yang cukup panjang atau awet.

3. Bahan Galvanis

Jenis ketiga yaitu muffler yang dibuat dari bahan galvanis. Dibandingkan kedua jenis bahan sebelumnya, bahan kali ini cukup berat.

Karena bobotnya tidak ringan, maka hal ini menjadi pertimbangan oleh banyak pemilik kendaraan.

4. Bahan Karbon

Bahan selanjutnya yang umum digunakan untuk komponen muffler knalpot mobil yaitu bahan karbon. Bahan ini sering juga disebut sebagai bahan yang terbaik atau paling cocok untuk komponen muffler.

Karbon digadang sebagai bahan terbaik karena memiliki daya tahan yang tinggi untuk mendukung kinerja muffler secara optimal.

Namun, jika dilihat dari segi harga, maka muffler dengan bahan karbon terbilang cukup mahal. Hal ini sesuai dengan kualitas yang disuguhkan, sehingga tidak rugi jika memilih jenis muffler keempat ini.

  • Jenis Muffler Berdasarkan Konstruksinya

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya