Tips & Trik

Pentingnya Tahu Perbedaan Torsi Dan Tenaga Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

Pengertian Torsi

Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh waktu. Misalnya sebuah roda berputar tiap menit, maka ada sebuah tenaga yang dihasilkan agar kendaraan tersebut bisa berjalan dengan kecepatan tertentu. Jadi torsi dan tenaga tersebut memiliki keterkaitan untuk performa kendaraan.

Torsi Dihasilkan Lebih Dahulu Dibandingkan Dengan Tenaga

Pengertian torsi bisa dipahami sebagai sebuah gerakan berupa dorongan yang terjadi di ruang pembakaran pada mesin. Lalu, perbedaan yang paling menonjol dari dua hal tersebut adalah torsi lebih dahulu dihasilkan dibandingkan dengan tenaga.

Ini dikarenakan torsi memiliki peran ketika sebuah mobil masih dalam posisi diam. Dengan adanya ledakan di ruang pembakaran pada mesin, sehingga akan menghasilkan sebuah gaya yang disalurkan ke roda sampai bergerak.

Setelah bergerak pengemudi harus membuat mobil tersebut melaju dengan cepat dan kencang. Dalam hal ini tenagalah yang memiliki peran penting. Jadi jika Anda melihat sebuah mobil melaju sangat kencang, itu berarti tenaganya yang diberikan juga besar.

Tanpa Torsi Besar, Tidak Akan Dihasilkan Tenaga Yang Besar

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Facelift dan All New di Otomotif

Penjelasan mengenai apa itu torsi sepertinya masih suka diperbincangkan oleh masyarakat umum. Banyak yang mengira bahwa performa kendaraan itu dihasilkan dari tenaga yang besar. Semakin besar tenaga, maka performa kendaraan juga pasti memiliki nilai lebih di mata masyarakat.

Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan sebuah kendaraan yang memiliki laju cepat atau besar harus memperhatikan nilai yang dihasilkan dari torsi mobil tersebut. Sebab tanpa pengaruh dari torsi yang dihasilkan, maka sebuah kendaraan tidak akan dapat melaju dengan sempurna.

Nilai dari torsi yang dihasilkan pada ruang pembakaran di mesin memiliki peran paling penting dalam sebuah kendaraan. Jika mobil tidak bisa menghasilkan torsi yang besar, laju kendaraan pun akan menjadi lambat atau tidak cepat.

Bagi Pemilik Mobil, Pilih Kendaraan yang Tepat

Selanjutnya adalah bagi Anda yang menginginkan sebuah mobil, penting untuk mengetahui apa itu torsi dan tenaga. Secara sederhana bisa dijelaskan seperti ini, Anda ingin membeli mobil yang bisa menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi, oleh sebab itu pilihlah kendaraan dengan tenaga besar.

Apabila Anda ingin membeli sebuah kendaraan yang bisa digunakan ketika berada di jalanan yang naik atau menanjak, carilah mobil yang memiliki nilai torsi yang besar. Kedua hal tersebut harus benar- benar Anda pahami sebelum memilih kendaraan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya