Tips & Trik

Pentingnya Tahu Perbedaan Torsi Dan Tenaga Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

Pengertian Torsi

Perbedaan selanjutnya adalah tidak semua jenis mobil memiliki besaran yang sama pada torsi dan tenaganya. Jika Anda ingin membeli sebuah mobil balap, maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi.

Apabila Anda ingin membeli sebuah mobil komersial, kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut dikarenakan mobil komersial pasti akan membawa muatan yang tidak sedikit.

Torsi Bisa Dimanipulasi Sedangkan Tenaga Tidak

Hal selanjutnya untuk menjelaskan bahwa torsi dan tenaga itu berbeda adalah dari hasil yang didapatkan. Nilai dari sebuah putaran atau torsi itu bisa diubah dengan menggunakan sebuah alat bernama girboks. Jadi, nilai dari torsi bisa semakin naik apabila dipengaruhi dengan gigi rasio.

Akan tetapi tenaga torsi tersebut tidak bisa dimanipulasi oleh apapun. Jadi, kecepatan dari torsi itu sangat bergantung dari dorongan yang dihasilkan oleh mesin. Lebih mudahnya seperti ini, ada sebuah kendaraan memiliki nilai torsi sebesar 50 pound feet dan gigi rasio sebesar 3,0.

Baca Juga : Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat Saat Terjebak Macet Arus Mudik

Maka torsi yang dihasilkan adalah tinggal dikalikan saja dan hasilnya adalah 150 pound. Akan tetapi angka tersebut masih bisa dimanipulasi, sehingga hasilnya mungkin saja mencapai tiga kali lipat lebih dari semula.

Torsi Memiliki Peran Ketika Kendaraan Diam, Sedangkan Tenaga Saat Kendaraan Bergerak

Masih banyak masyarakat di sekitar yang belum sepenuhnya memahami tentang pengertian torsi dan perbedaannya dengan tenaga. Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak.

Torsi ini berawal dari adanya sebuah ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Sehingga lama kelamaan roda tersebut pun akan mulai bergerak.

Secara sederhana, pengertian terkait apa itu torsi sangat mempengaruhi performa dari mesin mobil. Sedangkan untuk tenaga akan memiliki peran ketika mobil tersebut sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka tenaga yang dihasilkan pun pasti besar atau tinggi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya