Tips & Trik

Pentingnya Tahu Perbedaan Torsi Dan Tenaga Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/pengertian_torsi.jpg

Torsi adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. Jika terjadi dorongan pada kedua bagian tersebut, maka akan menghasilkan suatu perputaran gerakan atau torsi. Gerakan ini sering terjadi pada mobil, sehingga kendaraan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

Namun tahukah Anda bahwa torsi dan tenaga pada mobil itu berbeda? Di bawah ini merupakan penjelasan lebih lengkap mengenai apa saja perbedaan torsi dan tenaga pada mobil Anda. Simak ulasan mengenai perbedaan torsi dan tenaga pada mobil di bawah ini.

Torsi Tentang Akselerasi Dan Tenaga Tentang Kecepatan

Baca Juga : Ini Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah & Cara Mengatasinya

Perbedaan yang pertama adalah jika torsi itu berbicara tentang akselerasi, sedangkan tenaga berkaitan dengan kecepatan. Di dalam setiap mobil pasti terdapat mesin yang bekerja apabila kendaraan dalam kondisi menyala. Adanya dorongan yang diberikan oleh mesin itulah dinamakan sebagai torsi.

Sedangkan kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan tadi itulah biasa disebut dengan tenaga. Kecepatan tersebut dipengaruhi oleh seberapa panjang ganggang pada mesin. Jika semakin panjang ukuran ganggang, tenaga yang dibutuhkan juga semakin kecil.

Memiliki Perbedaan Rumus Pencarian

Baca Juga : Hati-hati, Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Tidak jarang ilmu tentang kendaraan ini dijadikan sebagai bahan materi pembelajaran. Dijelaskan juga bahwa adanya perbedaan rumus pencarian dalam mencari torsi dan tenaga. Rumus untuk mencari torsi pada mobil adalah dihasilkan dari proses perkalian antara gaya dan jarak.

Lebih jelasnya adalah sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dengan gaya dapat dihasilkan untuk melakukan suatu dorongan, Sedangkan rumus untuk mencari sebuah daya atau tenaga didapat dari hasil perkalian antara torsi dengan rpm.

Artinya adalah ketika sedang melakukan sebuah gaya, maka akan menghasilkan nilai tertentu. Nilai inilah yang dinamakan sebagai kecepatan, sehingga secara sederhana kedua hal ini sangat berkaitan. Semakin cepat torsi yang dihasilkan dan menggunakan gaya sama, maka besar pula hasil dayanya.

Baca Juga : Torque Converter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Jadi, apabila Anda memiliki mobil dengan kecepatan torsi yang besar, maka ketika melaju di jalanan akan lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan yang lain. Oleh sebab itu, hal ini sangat penting sekali untuk Anda ketahui sebagai pemilik mobil.

apa_itu_torsi

Memiliki Perbedaan Satuan

Perbedaan selanjutnya dari tenaga dan torsi adalah memiliki satuan yang berbeda. Satuan yang menunjukkan torsi menggunakan Newton (N) atau Kilogram meter (Kgm). Sedangkan satuan untuk menunjukkan tenaga atau daya adalah menggunakan satuan Horsepower (HP) atau PS.

Di Setiap Mobil Tidak Sama Besaran Torsi Dan Tenaganya

Perbedaan selanjutnya adalah tidak semua jenis mobil memiliki besaran yang sama pada torsi dan tenaganya. Jika Anda ingin membeli sebuah mobil balap, maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi.

Apabila Anda ingin membeli sebuah mobil komersial, kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut dikarenakan mobil komersial pasti akan membawa muatan yang tidak sedikit.

Torsi Bisa Dimanipulasi Sedangkan Tenaga Tidak

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya