Tips & Trik

Mika Lampu Mobil Rawan Kusam Saat Musim Hujan, Ini Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mika-Lampu-Mobil-Rawan-Kusam-Saat-Musim-Hujan-Ini-Penjelasannya.jpg

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik mobil terhadap kondisi mobil atau kendaraannya ketika musim hujan seperti saat ini dan salah satunya yang harus diperhatikan adalah pada bagian mika lampu. Lampu harus diperhatikan karena saat musim hujan mika lampu mobil kebanyakan cenderung berisiko menguning warnanya atau menjadi kusam..

Apa penyebabnya?

Penyebab mika lampu menjadi kusam atau menguning itu pada umumnya disebabkan oleh air yang dibiarkan menempel dan akhirnya berubah menjadi bercak jamur. Bercak jamur yang menjadi penyebab awal mika lampu jadi kusam ini asalnya dari campuran air hujan yang sudah mengering karena adanya proses penguapan.

Baca Juga : Perlu Tahu, Ini Cara Hilangkan Bau Rokok di Mobil

Ingat, mika lampu adalah salah satu bagian yang cukup panas saat mobil dipakai dan kondisi lampu menyala sehingga air hujan akan menjadi lebih cepat mengering karena proses penguapan. Sebenarnya pada mika lampu mobil biasanya sudah ada lapisan coating khusus untuk proteksi dari panas dan cuaca. Tapi, bercak yang muncul di permukaan mika lampu jika dibiarkan bisa menyerap ke dalam lapisan coating tersebut.

Dalam jumlah banyak, bercak inilah yang kemudian menyebabkan mika lampu jadi kusam dan menguning karena terpanggang oleh panas lampu atau cuaca (sinar matahari).

Bagaimana solusinya?

Baca Juga : Panduan Memilih TV Monitor untuk Mobil Keluarga

Saat ini sudah cukup banyak jasa pembersihan mika lampu yang membuka jasanya di pusat-pusat onderdil kendaraan bermotor. Nah, Anda bisa menggunakan jasa ini untuk membuat mika lampu cerah kembali. Membersihkan mika lampu tentu akan jauh lebih murah ketimbang harus membeli yang baru.

Tapi ingat, jika memang lampu mobil tidak hanya sudah kusam tapi juga sudah tidak berfungsi maksimal, ada baiknya bawa langsung  ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapat solusi terbaik. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya