Tips & Trik

Penanganan Ketika Ban Mobil Pecah

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2023

Ban Mobil Pecah

 

Langkah keenam adalah membiarkan lampu bahaya tetap menyala sampai Anda berhasil berhenti di tempat yang aman. 

Tempat yang aman bisa berupa tempat yang jauh dari jalur lalu lintas, seperti bahu jalan, parkiran, atau tempat istirahat. Jangan berhenti di tengah jalan atau di tikungan karena bisa membahayakan diri Anda dan pengendara lain.

 

  • Pasang Tanda Segitiga Pengaman dan Lakukan Penggantian Ban

 

Terakhir adalah memasang tanda segitiga pengaman di belakang mobil Anda untuk memberi peringatan kepada pengendara lain agar menjaga jarak dan berhati-hati. 

Kemudian, lakukan penggantian ban dengan menggunakan ban cadangan atau meminta bantuan dari bengkel terdekat.

Jika Anda tidak memiliki ban cadangan atau tidak bisa mengganti ban sendiri, hubungi layanan darurat atau asuransi untuk mendapatkan bantuan.

Terapkan 2 Langkah Ini untuk Mencegah Ban Mobil Pecah

Untuk mengurangi kemungkinan ban mobil Anda pecah di kemudian hari, lakukan 2 langkah ini.

 

  • Jangan Sering Melakukan Pengereman Mendadak

 

Baca Juga : Masalah Pada Mobil Yang Sering Kena Macet

Pengereman mendadak sering dilakukan oleh banyak pengendara untuk menghindari tabrakan atau situasi darurat lainnya.

Namun, pengereman mendadak juga bisa menyebabkan ban mobil pecah karena ban mengalami beban dan tekanan yang berlebihan.

Pengereman mendadak juga bisa membuat ban bergeser dari posisinya, sehingga merusak struktur dan bahan ban. Makanya, Anda harus mengurangi melakukan hal ini dan kurangi kecepatan mobil Anda sebelum melakukan pengereman.

 

  • Rutin Memeriksa Tekanan Ban Anda

 

Tekanan ban adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dan ketahanan ban. Tekanan ban yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa membuat ban mudah pecah karena tidak sesuai dengan beban dan kecepatan mobil.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus rutin memeriksa tekanan ban dan menyesuaikannya dengan rekomendasi produsen ban. Anda bisa menggunakan alat pengukur tekanan ban yang tersedia di bengkel atau pom bensin.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menangani ban mobil pecah dan faktor penyebabnya. Jangan lupa juga untuk memeriksa tekanan ban mobil dan menghindari pengereman mendadak agar Anda dapat mengemudi dengan lebih aman.

Jika mobil ban mobil Anda pecah di malam hari bisa hubungi layanan 24 jam SERA dengan klik disini.

Ingin tahu lebih banyak tips dan trik tentang perawatan dan pengendaraan mobil? Kunjungi Blog Suzuki. Temukan panduan berguna lainnya yang akan membantu Anda menjaga mobil dalam kondisi terbaik.

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Blog 4 (1) (1)

Wajib Tahu! 5 Syarat Kredit Mobil

Membeli mobil bisa jadi adalah salah satu keputusan keuangan yang besar dan penting dalam hidup seseorang. Namun, tidak semua orang memiliki cukup uang tunai untuk membeli mobil se...

selengkapnya