Tips & Trik

Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_ertiga.jpg

Mengatasi mobil terendam banjir memang cukup rumit, namun ini tetap harus dilakukan sebaik mungkin agar kendaraan tersebut bisa digunakan kembali

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang tidak bisa dihindari jika hujan deras tiba dan mengguyur dalam waktu yang lama.

Saat dilanda banjir, tidak sedikit manusia, barang, hewan, dan barang menjadi korban bencana. Mobil banjir pun akan banyak dijumpai saat musim penghujan di daerah kota.

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Dia Jenis Oli Mobil

Keadaan dimana mobil ‘berenang’ di tengah rendaman air banjir ini sudah cukup umum terjadi saat musim banjir. Akhirnya, para pemilik mobil pun panik karena keadaan yang terjadi pada mobilnya.

Jika mobil Anda salah satunya, maka pastikan untuk mengatasinya dengan benar setelah banjir reda. Sedangkan beberapa solusi yang bisa ditempuh diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

106147010_s

Baca Juga : Belum Tahu? Begini Cara Merawat Mobil Warna Putih

Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melepas bagian kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting. Kabel aki memiliki hubungan yang erat dengan komponen listrik atau elektronik yang ada di dalam mobil tersebut.

Hal inilah yang bisa memicu korsleting pada mobil jika kabel aki dibiarkan begitu saja dan tidak dicabut. Terlebih lagi jika mobil Anda adalah mobil keluaran paling baru. Mobil keluaran terbaru memiliki sistem otomatis yang lebih mengandalkan transmisi jaringan listrik.

Baca Juga : Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil Berbahaya. Benarkah?

Untuk itu, Anda perlu melepaskan kabel aki dari mobil terlebih dahulu untuk membuat kendaraan roda empat ini tetap aman dari korsleting listrik. Dalam kondisi banjir, korsleting ini sering dipicu akibat adanya air yang masuk ke dalam mobil.

Jangan Pernah Menyalakan Mobil, Cukup Dorong Saja

Ingin memindahkan mobil terendam banjir ke tempat yang lebih aman? Jika iya, jangan pernah menyalakan mesinnya. Jika Anda ingin memindahkannya ke tempat yang lebih aman, cukup dorong saja dan tidak perlu menyalakan mobilnya.

Kondisi mobil saat terendam banjir dapat dikatakan sebagai kondisi darurat. Karena itulah, Anda perlu meminggirkannya ke daerah yang aman dari banjir. Menyalakan mesin saat mobil dalam keadaan terendam sangat berbahaya.

Mengapa hal seperti ini berbahaya? Mesin yang dinyalakan saat mobil masih terendam di air dapat menimbulkan korsleting listrik pada mobil, sehingga air yang masuk ke daerah mesin mobil justru lebih banyak lagi.

Mengeringkan Bagian Pengapian Mobil

Mobil memiliki komponen pengapian dimana umumnya meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator, koil, dan delco kabel. Piranti pengapian ini cukup mudah rusak jika terkena banjir. Maka dari itu, Anda perlu mengeringkan perangkat pengapian agar tidak memperparah kerusakan pada mobil.

Anda juga perlu mengecek apakah fungsinya masih normal atau terdapat gangguan akibat mobil terendam banjir ini. Saat melakukan pemeriksaan, lakukan dengan teliti agar mobil bisa berfungsi secara maksimal dan tidak mogok.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya