Tips & Trik

Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

Suzuki Ertiga

Mengeringkan Panel dan Lampu

Lampu juga menjadi salah satu bagian dari mobil yang memiliki arus listrik di dalamnya. Setelah banjir menerjang mobil Anda, periksa dan keringkan bagian lampu dari air yang tidak sengaja masuk ke dalamnya. Pembersihan dan pengeringan ini dilakukan untuk menghindari adanya korsleting pada mobil.

Memanggil Towing

Bagi Anda yang memiliki mobil matic, segeralah menghubungi mekanik atau bengkel resmi terdekat yang memiliki montir profesional untuk melakukan pengecekan pada mobil. Anda harus mencari montir yang benar-benar professional untuk menanganinya.

Sebagai saran, sebaiknya bawa mobil ke bengkel dengan menggunakan mobil towing dan jangan melakukan pemeriksaan di rumah untuk mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik. Di bengkel, alat-alat yang disediakan pun lebih lengkap dan terjamin.

Jika Cuaca Cerah, Keringkan Di Bawah Sinar Matahari

Cara mengatasi mobil kebanjiran yang terakhir ini bisa Anda lakukan jika matahari bersinar cerah. Panas matahari dapat membantu Anda mengeringkan bagian-bagian mobil yang basah. Hal ini dinilai lebih efektif daripada melakukan pengeringan dengan bantuan alat.

Baca Juga : Apa Itu Knocking Pada Mesin? Ketahui Ini Penyebabnya

Pengeringan dengan bantuan matahari akan lebih cepat prosesnya. Selain itu, pengeringan juga lebih ‘sehat’ dan tidak memakan banyak biaya tambahan.

Namun, jika tidak ada sinar matahari, Anda bisa menggunakan alat pengering untuk mengeringkan bagian-bagian yang memang urgent.

Bawa Mobil ke Bengkel Suzuki Untuk Di Cek

Anda perlu memasukkan mobil yang terendam banjir tersebut ke bengkel resmi Suzuki agar bisa dilakukan pengecekan terhadap keseluruhan bagiannya. Mintalah kepada petugas untuk mengecek seluruh bagian mobil mulai dari mesin, interior, hingga eksteriornya untuk menghindari kerusakan fatal.

Oli pada mobil kebanjiran dalam hal ini juga cukup rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda bisa meminta petugas bengkel untuk memeriksa bagian oli mobil tersebut. Dalam hal ini, sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel resmi agar pengerjaannya lebih optimal.

Demikianlah cara mengatasi mobil terendam banjir yang bisa Anda terapkan. Disini perlu dipahami juga bahwa penanganan terhadap mobil yang terendam air saat banjir ini perlu dilakukan secepatnya. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan lebih parah pada mobil.

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya