Tips & Trik

Penanganan Ketika Ban Mobil Pecah

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2023

Ban Mobil Pecah

Penambahan aksesoris pada ban, seperti stiker, cat, atau lampu bisa membuat ban menjadi berat atau panas, sehingga mengurangi daya tahan ban. 

Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan, seperti ban mobil untuk motor atau sebaliknya, bisa membuat ban tidak mampu menopang beban atau kecepatan kendaraan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tidak mengubah atau memodifikasi ban secara sembarangan dan konsultasikan dengan ahli sebelum melakukannya.

Cara Menangani Ban Mobil Pecah Ketika Berkendara

Ban yang pecah bisa menyebabkan mobil kehilangan kendali dan tergelincir. Maka dari itu, pahami 7 cara menanganinya untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

  • Tarik Napas Pelan, Jangan Sampai Panik Berlebihan

 

Panik hanya akan membuat Anda kehilangan fokus dan membuat situasi semakin buruk. Jadi, cobalah untuk tetap tenang dan berpikir jernih. Ingatlah bahwa Anda masih bisa mengendalikan mobil meskipun ban Anda pecah.

 

  • Hindari Penggunaan Pedal Rem

 

Mengerem secara mendadak atau keras bisa membuat mobil Anda berputar atau terbalik karena ban yang pecah akan mengurangi daya cengkeram dengan permukaan jalan. Jika Anda harus mengerem, lakukan secara perlahan dan hati-hati.

 

  • Lepaskan Gas Secara Perlahan

 

Baca Juga : Tips Sederhana Agar Jas Hujan Tetap Awet

Langsung melepaskan gas secara tiba-tiba bisa membuat mobil Anda meloncat atau terguling. Oleh sebab itu, ;lepaskan gas secara perlahan dan biarkan mobil Anda melambat secara alami.

 

  • Pegang Stir dan Pertahankan Arah Mobil yang Lurus

 

Jangan mencoba untuk mengubah arah atau menikung karena bisa membuat mobil Anda tidak stabil dan tergelincir. Jika ban depan yang pecah, Anda akan merasakan getaran atau tarikan pada stir.

Jika ban belakang yang pecah, Anda akan merasakan goyangan atau ayunan pada mobil. Tetap pegang stir dengan kuat dan pertahankan arah mobil yang lurus sampai Anda menemukan tempat yang aman untuk berhenti.

 

  • Nyalakan Lampu Bahaya (Hazard)

 

Lampu bahaya berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain bahwa Anda sedang mengalami masalah dan membutuhkan bantuan.

Lampu bahaya juga bisa membantu Anda menghindari tabrakan dengan pengendara lain yang mungkin tidak menyadari kondisi mobil Anda.

 

  • Biarkan Lampu Bahaya Tetap Menyala

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya