Tips & Trik

Penanganan Ketika Ban Mobil Pecah

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2023

Ban Mobil Pecah

Hal ini karena ban yang kurang angin akan mengalami deformasi saat berputar dan menimbulkan gesekan yang berlebihan dengan permukaan jalan. Gesekan ini akan meningkatkan suhu dan tekanan pada ban, sehingga membuat ban mudah meletus. 

 

  • Perawatan Ban yang Tidak Rutin

 

Tanpa perawatan rutin, ban bisa jadi lemah dan rentan terhadap kerusakan. Perawatan ini merujuk pada pemeriksaan kondisi fisik ban, seperti ketebalan kembang, keretakan, benjolan, atau robekan pada permukaan ban.

Selain itu, perawatan ban juga meliputi pengecekan keseimbangan dan keselarasan roda, serta rotasi ban secara berkala untuk mencegah terjadinya keausan yang tidak merata pada ban.

 

  • Terkena atau Tertembus Objek Tajam

 

Objek tajam (seperti paku, kaca, batu, atau logam) di jalan adalah musuh alami ban. Soalnya, objek-objek ini bisa menembus lapisan dalam ban dan menyebabkan kebocoran udara.

Jika kebocoran ini tidak segera ditambal atau diganti, maka tekanan udara dalam ban akan semakin berkurang dan membuat ban mobil pecah.

Oleh sebab itu, hindari melewati jalan yang berlubang, bergelombang, atau berdebu. Jika terpaksa melewati jalan tersebut, kurangi kecepatan dan perhatikan kondisi jalan.

 

  • Penggunaan Ban dengan Cara yang Kasar

Baca Juga : Modifikasi Mobil Suzuki Jimny Baru Agar Semakin Gagah

 

Mengerem mendadak, menikung dengan kecepatan tinggi, melaju di atas polisi tidur, atau mengemudi dengan gaya agresif merupakan contoh dari penggunaan ban dengan kasar.

Cara-cara ini akan membuat ban mengalami beban dan tekanan yang berlebihan, sehingga membuat struktur dan bahan ban rusak.

 

  • Keadaan Fisik Ban yang Tidak Baik

 

Keadaan fisik ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti usia ban yang sudah tua, kualitas bahan ban yang buruk, atau ukuran ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Ban yang sudah tua biasanya mengalami pengerasan dan keretakan pada permukaannya, sehingga mudah pecah saat terkena benturan atau gesekan.

Kualitas bahan ban yang buruk juga bisa membuat ban mudah pecah karena tidak tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi.

 

  • Perubahan atau Modifikasi pada Ban

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya