Tips & Trik

Pembersih Jamur Kaca Mobil dan Cara Membersihkannya

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/suzuki.jpg

Mobil sebagai salah satu alat transportasi, tentu saja membutuhkan perawatan. Hal ini termasuk perawatan bagian fisik mobil, seperti perawatan kaca mobil agar terhindar dari jamur. Dalam hal ini, ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pembersih jamur kaca mobil.

Pembersih ini sendiri mulai dari bahan mudah yang bisa ditemukan di sekitar Anda dan biasa digunakan sehari-hari, hingga bahan yang khusus untuk membersihkan kaca mobil.

Berikut ini ulasan mengenai bahan yang bisa Anda coba untuk membersihkan jamur di kaca mobil dan cara merawat komponen tersebut.

Daftar Pembersih Jamur Pada Kaca Mobil

Baca Juga : Ketentuan Biaya Perbaikan Yang Dibayarkan Saat Klaim Asuransi

 

cara_membersihkan_jamur_kaca_mobil

  • Cairan Pembersih Kaca Mobil

Pembersih jamur kaca mobil yang pertama adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca mobil atau biasa disebut glass cleaner yang merupakan pembersih khusus kaca mobil dan biasanya berbentuk cairan kental dan pekat.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Jenis dan Fungsi Helm Yang Perlu Diketahui

Pembersih ini digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda dapat mencampurkan cairan ini dengan air kemudian gunakan untuk mengelap kaca mobil.

Glass cleaner dengan kualitas bagus mampu mengangkat minyak atau oli serta jamur yang masuk ke dalam pori-pori kaca. Selain itu, cairan ini juga dapat membersihkan kerak air membandel sehingga membuat kaca mobil Anda terlihat lebih kinclong berkilau.

Namun glass cleaner ini memiliki kelemahan, karena residu yang ditinggalkan jika menggunakan bahan ini adalah bentuk bedak yang berisiko mengotori mobil. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika menggunakannya sebagai penghilang jamur kaca mobil.

  • Pembersih Kaca Aquarium

Baca Juga : Biar Aman dan Nyaman, Ini Ukuran Helm yang Tepat

Pembersih kaca aquarium juga dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Tekstur pembersih ini lebih cair daripada pembersih khusus kaca mobil.

Namun dalam penggunaannya Anda harus sangat berhati-hati. Pembersih kaca akuarium memiliki efek lebih keras daripada pembersih khusus untuk kaca mobil.

Setelah menggosok kaca mobil dengan cairan ini, Anda harus segera membilasnya. Jika dibiarkan mengering, cairan ini akan meninggalkan bercak pada mobil Anda.

Selain itu, Anda harus menggunakan sarung tangan latex ketika menggosok mobil dengan menggunakan cairan ini. Pembersih kaca aquarium akan memberi efek gatal pada kulit apabila menyentuhnya secara langsung.

Pembersih kaca aquarium ini memang cukup efektif untuk menghilangkan jamur. Akan tetapi, bahan ini juga cukup keras, sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada mobil-mobil keluaran Eropa.

  • Alkohol Kadar 50%-90%

Bahan kimia yang biasanya digunakan untuk perawatan luka ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Alkohol dengan kadar 50% hingga 90% banyak dikatakan dapat membantu menghilangkan jamur dari kaca mobil.

Anda cukup membasahi kain dengan alkohol dan gunakan itu untuk menggosok seluruh permukaan kaca mobil. Usahakan selalu menggunakan kain berbahan lembut agar permukaan kaca mobil Anda tidak tergores.

Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan jamur. Bahan ini berbentuk gel sehingga tidak berpotensi untuk merusak body mobil.

  • Pasta Gigi
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya