Tips & Trik

Pembersih Jamur Kaca Mobil dan Cara Membersihkannya

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

Suzuki

Setelah selesai, keringkan permukaan kaca dengan menggunakan lap fiber. Jangan sampai ada yang tertinggal atau hal ini bisa menyebabkan munculnya jamur baru pada kaca mobil Anda. Tentu saja Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

  • Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian ternyata juga dapat diandalkan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil Anda. Caranya pun mudah. Anda hanya cukup membasahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian. Anda bisa menggunakan pemutih yang biasa dijumpai di pasaran.

Kemudian gunakan kain basah tersebut untuk menggosok permukaan kaca mobil yang terkena jamur. Setelah jamur terangkat, Anda dapat membilas seluruh permukaan kaca mobil dengan air bersih. Pastikan Anda menggosoknya dengan lembut agar kaca mobil yang dibersihkan tidak tergores.

Anda bisa menggunakan lap dengan bahan microfiber untuk memastikan air telah terserap dengan baik, serta tidak meninggalkan bekas.

  • Kombinasi Pasta Gigi dan Alkohol

Kombinasi pasta gigi dan alkohol dapat Anda gunakan untuk membersihkan bercak water spot dan jamur. Caranya penggunaannya, pertama-tama bersihkan kaca mobil menggunakan alkohol. Kemudian oleskan pasta gigi pada titik jamur yang sulit dibersihkan.

Anda dapat menuangkan alkohol pada kain lembut untuk menggosok kaca mobil hingga bersih dari jamur. Tenang saja, alkohol tidak akan meninggalkan sisa noda atau bercak pada kaca mobil Anda. Namun tingkat penguapan alkohol sangat tinggi sehingga proses pembersihan kaca menjadi lama.

Cara Merawat Kaca Mobil Supaya Bebas dari Jamur

Baca Juga : Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Aki Mobil yang Tepat

Cara merawat kaca mobil supaya terhindar dari jamur sebenarnya sangat mudah. Anda hanya harus memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari dan tidak lembab. Tempat yang lembab justru berisiko untuk menyebabkan jamur pada kaca mobil.

Selain itu, Anda juga harus sering membersihkan mobil. Jangan sampai Anda membiarkan mobil sehabis terkena hujan dan tidak membersihkan kotoran yang menempel. Jika Anda membiarkannya cukup lama, jamur pada kaca akan mulai tumbuh.

Jamur pada kaca ini sebenarnya disebabkan oleh lapisan kerak air yang tertinggal saat kerak tersebut mengering. Jamur pada kaca ini, jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan kejernihan kaca menurun. Hal ini tentu saja akan mengganggu pengendara mobil. 

Apabila Anda tidak rajin membersihkan mobil dan hanya memberikan perawatan ala kadarnya, risiko seperti tumbuhnya jamur pada kaca mobil akan muncul. Jika Anda merasa kesulitan menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai pembersih jamur kaca mobil, ada cara lain yang lebih praktis.

Anda bisa membawanya ke salon mobil dan membersihkan bagian kaca yang terkena jamur di sana. Tentu saja cara ini lebih praktis, namun biaya yang dikeluarkan tentunya tidak sedikit.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mesin Motor

Penyebab Sepeda Motor Turun Mesin

Turun mesin motor menjadi kata-kata yang tidak ingin Anda dengar ketika servis kendaraan di bengkel. Sebab, bila sudah turun mesin artinya Anda perlu mengeluarkan hingga jutaan rup...

selengkapnya