Tips & Trik

Pelajari Spare Part Penting Motor untuk Performa Optimal

PUBLISHED DATE : 26 Mei 2023

Sparepart Motor

Sama seperti aki, bagian lampu motor ini juga memiliki batas untuk usia pemakaiannya. Ketika lampu sudah mulai redup, maka perlu dilakukan pengecekan. Jika sudah waktunya diganti, maka sebaiknya langsung diganti supaya tidak membahayakan.

4. Busi

busi motor

Sumber: Asset Suzuki

Fungsi dari busi yakni sebagai pemantik api supaya pembakaran dalam mesin dapat bekerja sesuai kendali. Jika busi sudah terlihat kotor, maka sebaiknya Anda segera menggantinya.

Bagian ini sangat perlu untuk diperhatikan. Jika busi bermasalah, mesin dari motor Anda pun tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Secara umum, biasanya busi diganti setelah motor telah menempuh jarak 20 ribu kilometer dan 50 ribu kilometer.

5. Kampas Rem

Baca Juga : Wajib Tahu! Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dan Palsu

Spare part motor selanjutnya yakni kampas rem. Ini berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap kecepatan, juga untuk menghentikan motor.

Biasanya, kampas rem diganti ketika motor telah menempuh hingga jarak 20 ribu kilometer. Namun, jika kampas rem sudah aus atau terlihat makin menipis, sebaiknya Anda juga segera menggantinya.

Kampas rem merupakan komponen yang penting dan sangat vital bagi  motor, sebab sangat berhubungan dengan keselamatan pengendara.

Anda mungkin sering mendengar berbagai kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem, misalnya karena rem blong. Hal ini menunjukkan betapa bahayanya jika kampas rem tidak berjalan sesuai fungsinya.

6. Kampas Kopling

Untuk Anda yang menggunakan motor sport, bagian kampas kopling perlu menjadi perhatian dan dilakukan penggantian secara berkala.

Apabila kampas sudah dirasa aus serta tidak bisa menjalankan fungsi dengan baik ketika digunakan, maka sebaiknya segera Anda ganti.

7. Filter Motor

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya