Tips & Trik

Pelajari Spare Part Penting Motor untuk Performa Optimal

PUBLISHED DATE : 26 Mei 2023

Sparepart Motor

Mengetahui berbagai onderdil atau spare part motor menjadi penting bagi bagi Anda, jika ingin performa yang optimal untuk kendaraan Anda. Jika sulit untuk memahami seluruh bagian motor, setidaknya terdapat berbagai onderdil yang perlu ada pelajari.

Dengan mengetahui bagian-bagian penting dari motor, Anda dapat memastikan kondisinya. Hal tersebut diperlukan supaya perjalanan Anda dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Selain itu, Anda dapat segera mengetahui jika terjadi kerusakan.

Mengenal Berbagai Spare Part Motor

Motor memiliki berbagi onderdil dengan fungsi masing-masing, sehingga dapat menjalankan mesin motor untuk menemani perjalanan Anda.

Mengetahui semua komponen motor mungkin hal yang sulit bagi Anda. Namun, terdapat berbagai komponen yang menjadi penting untuk Anda ketahui. Dengan pengetahuan tersebut, Anda dapat menjaga performa motor Anda.

Jadi, spare part apa saja yang penting untuk diketahui? Apa saja fungsinya? Lalu, bagaimana cara kerja dan perawatannya? Berikut penjelasan lebih lanjut untuk Anda.

1. Ban

Spare part motor yang sangat terlihat dan pastinya sudah Anda ketahui yakni ban. Ini merupakan bagian yang tumpu dari berat motor dan berfungsi untuk membantu jalannya motor.

Ban merupakan suku cadang yang sangat penting bagi motor, sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan berkala. Pastikan selalu bahwa ban motor berada dalam kondisi baik, tidak kempes, bocor, atau aus.

Secara umum, penggantian Ban dilakukan sekali dalam setahun. Namun, penggantian ini juga dapat tergantung dari pemakaiannya.

Jika Anda sering melewati jalan yang kondisinya kurang baik, kondisinya harus lebih diperhatikan. Ketika kondisi ban sudah mulai aus atau mengalami retakan, sebaiknya segera diganti, sebab hal tersebut dapat berbahaya bagi perjalanan Anda.

2. Aki

Baca Juga : Tanda-tanda Aki Motor Perlu Diganti dan Cara Mengatasinya

Aki merupakan spare part motor yang bertugas untuk menyalurkan daya sehingga mesin dapat menyala dengan baik. Dengan kata lain, aki memiliki fungsi untuk melakukan operasi terhadap sistem kelistrikan dalam motor Anda.

Jika jenis motor Anda adalah yang memakai aki basah, Anda harus rutin memeriksa kondisi aki tersebut. Selebihnya, jika motor memakai aki kering, penggantian aki biasanya dilakukan dalam satu setengah hingga dua tahun sekali.

Penggantian aki juga dipengaruhi oleh penggunaan motor. Ada baiknya hal ini menjadi perhatian pada setiap pemeriksaan rutin (servis).

3. Lampu Motor

Terdapat beberapa bagian dari lampu motor dengan fungsi yang berbeda. Pertama dan yang paling terlihat yakni lampu utama, berfungsi untuk memberikan penerangan bagi pengendara.

Lampu tersebut menjadi penting untuk aspek keamanan, terutama ketika melewati jalan yang gelap atau memiliki sedikit penerangan.

Selanjutnya, ada lampu rem yang berfungsi untuk menjadi penanda bagi pengendara di belakang, supaya tahu bahwa kita sedang melakukan pengereman.

Terakhir, ada lampu sein yang juga berfungsi sebagai penanda. Lampu ini memberi tanda ketika Anda hendak berbelok ke arah kanan atau kiri. Penggunaannya harus benar, supaya tidak membuat pengguna jalan lain menjadi bingung.

Sama seperti aki, bagian lampu motor ini juga memiliki batas untuk usia pemakaiannya. Ketika lampu sudah mulai redup, maka perlu dilakukan pengecekan. Jika sudah waktunya diganti, maka sebaiknya langsung diganti supaya tidak membahayakan.

4. Busi

busi motor

Sumber: Asset Suzuki

Fungsi dari busi yakni sebagai pemantik api supaya pembakaran dalam mesin dapat bekerja sesuai kendali. Jika busi sudah terlihat kotor, maka sebaiknya Anda segera menggantinya.

Bagian ini sangat perlu untuk diperhatikan. Jika busi bermasalah, mesin dari motor Anda pun tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Secara umum, biasanya busi diganti setelah motor telah menempuh jarak 20 ribu kilometer dan 50 ribu kilometer.

5. Kampas Rem

Spare part motor selanjutnya yakni kampas rem. Ini berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap kecepatan, juga untuk menghentikan motor.

Biasanya, kampas rem diganti ketika motor telah menempuh hingga jarak 20 ribu kilometer. Namun, jika kampas rem sudah aus atau terlihat makin menipis, sebaiknya Anda juga segera menggantinya.

Kampas rem merupakan komponen yang penting dan sangat vital bagi  motor, sebab sangat berhubungan dengan keselamatan pengendara.

Anda mungkin sering mendengar berbagai kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem, misalnya karena rem blong. Hal ini menunjukkan betapa bahayanya jika kampas rem tidak berjalan sesuai fungsinya.

6. Kampas Kopling

Untuk Anda yang menggunakan motor sport, bagian kampas kopling perlu menjadi perhatian dan dilakukan penggantian secara berkala.

Apabila kampas sudah dirasa aus serta tidak bisa menjalankan fungsi dengan baik ketika digunakan, maka sebaiknya segera Anda ganti.

7. Filter Motor

Sesuai dengan namanya, filter motor berfungsi untuk melakukan penyaringan dari udara di luar supaya udara kotor atau debu tidak masuk ke bagian mesin motor.

Baca Juga : Kelebihan Sasis Mobil New Carry Pick Up

Komponen ini memiliki usia pakai yang terbilang rendah jika dibandingkan dengan mayoritas bagian sebelumnya. Namun, ini juga tergantung dari penggunaan motor serta jenis filter yang dipakai.

Jika tidak diganti secara rutin, maka bisa membuat suara berisik ketika mesin berfungsi. Hal ini dikarenakan bisa saja terdapat kotoran atau debu yang menyangkut, sehingga sirkulasi menjadi tidak baik.

Penggantian secara berkala diperlukan sehingga mesin motor dapat berfungsi dengan maksimal tanpa adanya gangguan dari debu luar.

Itulah spare part motor Anda yang perlu diketahui. Sangat penting untuk selalu menjaga kualitas berbagai onderdil tersebut sehingga performa dan keamanan Anda ketika berkendara akan terjaga.

Memiliki berbagai pengetahuan terkait onderdil juga menjadi hal yang baik bagi Anda. Jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang dirasa kurang sesuai, Anda jadi dapat langsung mengetahuinya.

Jaga Performa Motor dengan Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin menjadi penting bagi motor Anda, sebab banyak onderdil yang juga perlu untuk diganti secara berkala. Jika terdapat bagian yang sudah tidak lagi layak, sebaiknya jangan tunda untuk menggantinya.

Hal tersebut dilakukan demi keamanan pengendara. Seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas karena spare part motor yang sudah tidak dalam kondisi baik sehingga berpengaruh terhadap performa motor.

Keadaan motor yang kurang baik, dapat berdampak buruk bagi pengguna jalan lainnya. Penting bagi semua pengendara kendaraan untuk saling menjaga. Oleh sebab itu, keadaan motor pun menjadi penting untuk keselamatan bersama.

Selain masalah keamanan, perawatan motor juga berguna untuk kenyamanan Anda. Jika motor Anda menjalani servis secara rutin, maka Anda dapat menikmati mesin yang halus seperti ketika masih baru.

Untuk menjaga performa spare part motor tetap prima, perlu dilakukan servis oleh ahlinya. Jika ingin mendaftar layanan untuk servis motor, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi Suzuki!

Dan apabila ingin membeli spare part bisa melalui website https://www.suzuki.co.id/eparts

Berita Lainnya

SIS Sept Blog 7

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Karburator motor merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan beroda dua ini. Karburator bertugas untuk menghimpun udara dan mencampurkannya dengan bahan bakar. Proses ini a...

selengkapnya