Tips & Trik

Pelajari Spare Part Penting Motor untuk Performa Optimal

PUBLISHED DATE : 26 Mei 2023

Sparepart Motor

Jadi, spare part apa saja yang penting untuk diketahui? Apa saja fungsinya? Lalu, bagaimana cara kerja dan perawatannya? Berikut penjelasan lebih lanjut untuk Anda.

1. Ban

Spare part motor yang sangat terlihat dan pastinya sudah Anda ketahui yakni ban. Ini merupakan bagian yang tumpu dari berat motor dan berfungsi untuk membantu jalannya motor.

Ban merupakan suku cadang yang sangat penting bagi motor, sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan berkala. Pastikan selalu bahwa ban motor berada dalam kondisi baik, tidak kempes, bocor, atau aus.

Secara umum, penggantian Ban dilakukan sekali dalam setahun. Namun, penggantian ini juga dapat tergantung dari pemakaiannya.

Jika Anda sering melewati jalan yang kondisinya kurang baik, kondisinya harus lebih diperhatikan. Ketika kondisi ban sudah mulai aus atau mengalami retakan, sebaiknya segera diganti, sebab hal tersebut dapat berbahaya bagi perjalanan Anda.

2. Aki

Aki merupakan spare part motor yang bertugas untuk menyalurkan daya sehingga mesin dapat menyala dengan baik. Dengan kata lain, aki memiliki fungsi untuk melakukan operasi terhadap sistem kelistrikan dalam motor Anda.

Baca Juga : Tips Bebas Stres Berkendara di Jalanan yang Macet

Jika jenis motor Anda adalah yang memakai aki basah, Anda harus rutin memeriksa kondisi aki tersebut. Selebihnya, jika motor memakai aki kering, penggantian aki biasanya dilakukan dalam satu setengah hingga dua tahun sekali.

Penggantian aki juga dipengaruhi oleh penggunaan motor. Ada baiknya hal ini menjadi perhatian pada setiap pemeriksaan rutin (servis).

3. Lampu Motor

Terdapat beberapa bagian dari lampu motor dengan fungsi yang berbeda. Pertama dan yang paling terlihat yakni lampu utama, berfungsi untuk memberikan penerangan bagi pengendara.

Lampu tersebut menjadi penting untuk aspek keamanan, terutama ketika melewati jalan yang gelap atau memiliki sedikit penerangan.

Selanjutnya, ada lampu rem yang berfungsi untuk menjadi penanda bagi pengendara di belakang, supaya tahu bahwa kita sedang melakukan pengereman.

Terakhir, ada lampu sein yang juga berfungsi sebagai penanda. Lampu ini memberi tanda ketika Anda hendak berbelok ke arah kanan atau kiri. Penggunaannya harus benar, supaya tidak membuat pengguna jalan lain menjadi bingung.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya