Tips & Trik

Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/103396803_s.jpg

Pengertian pelabuhan adalah tempat yang sengaja dibangun sebagai tempat berlabuhnya kapal agar sebelum meneruskan perjalanan ke tujuan berikutnya

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata pelabuhan? Tentu akan merujuk pada tempat bertemunya kapal-kapal bukan?.

Akan tetapi, apakah benar pengertian pelabuhan sesempit itu? Untuk mengetahuinya secara lebih jelas, Anda perlu menyimak uraian berikut ini.

Pengertian Pelabuhan

Baca Juga : Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

Pelabuhan adalah tempat yang sengaja dibangun untuk menjadi tempat berlabuhnya kapal. Kawasan inilah yang dijadikan tempat singgah bagi kapal-kapal sebelum akhirnya berlabuh atau meneruskan perjalanan. Di pelabuhan, biasanya kapal menaikkan atau menurunkan muatannya.

Pelabuhan sendiri ada yang disebut dengan pelabuhan umum dan khusus. Pengertian pelabuhan umum adalah pelabuhan yang kegiatan pelayanannya ditujukan bagi masyarakat umum. Sementara pelabuhan khusus adalah jenis pelabuhan yang dibangun dengan tujuan tertentu.

Setiap jenis pelabuhan dikelola oleh penanggung jawabnya masing-masing. Pelabuhan umum dikelola oleh badan usaha pelabuhan, sedangkan pelabuhan khusus biasanya dikelola oleh pemerintah daerah.

Sejarah Pelabuhan di Indonesia

Baca Juga : Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

Jika berbicara mengenai sejarah, tentu tidak terlepas dari sudut pandang masing-masing sejarawan. Demikian juga dengan sejarah tentang pelabuhan. Sejarah ini bisa merujuk pada sejarah pelabuhan secara umum, maupun sejarah masing-masing pelabuhan yang ada di Indonesia.

Hal ini mengingat di Indonesia saja terdapat puluhan atau bahkan ratusan pelabuhan yang tersebar di seluruh pulau. Namun demikian, secara umum, pelabuhan di Indonesia merupakan warisan pelabuhan yang sejak dahulu dikelola oleh pemerintah Belanda.

Pada tahun 1945 lalu, berdiri PT. Pelabuhan Indonesia yang masih dikelola Departemen Van Scheepvaart. Baru pada 1960, perusahaan ini dikelola oleh Jawatan Pelabuhan Indonesia.

Baca Juga : Awas, Ini Ciri Mesin Kapal Laut yang Akan Rusak

47887589_s

Fungsi Pelabuhan

Setelah mengetahui apa arti dari pelabuhan, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih rinci tentang fungsi pelabuhan. Pelabuhan memiliki beberapa fungsi yang dapat dibedakan sesuai istilahnya. Inilah beberapa fungsi tersebut.

  • Gateway

Maksud dari gateway adalah, pelabuhan berfungsi sebagai pintu gerbang untuk bisa memasuki suatu negara. Kapal yang berlabuh pasti bertujuan mengantarkan isi barang atau muatan lain kepada kota lain atau bahkan negara lain. Disini, pelabuhan berperan sebagai perantara awal proses tersebut.

  • Interface

Dalam fungsi pelabuhan sebagai interface ini berarti bahwa pelabuhan menjadi penghubung antara darat dengan lautan. Misalnya seperti saat barang dari kapal akan didistribusikan melalui daratan. Nah, pelabuhan menjadi penghubung terjadinya mobilisasi tersebut.

  • Link

Link berarti pelabuhan berfungsi sebagai mata rantai proses sampainya barang ke tangan konsumen. Melalui pelabuhan, barang dari produsen yang diantar melalui kapal, akan disalurkan kepada konsumen. Pelabuhan ini menjadi jalur mempermudah distribusi ke tangan konsumen.

  • Industry entity

Ini berarti pelabuhan berfungsi sebagai kawasan industri. Hal ini disebabkan karena pelabuhan lalu lintasnya semakin ramai. Alhasil, lingkungan disekitarnya akan menjadi kawasan industri dengan fasilitas yang memadai

Manfaat Pelabuhan

Selain fungsi yang dibedakan menjadi empat istilah di atas, pelabuhan juga memiliki manfaat. Berikut ini beberapa manfaat pelabuhan tersebut.

  • Melayani Kebutuhan Ekspor Impor

Setiap negara yang melakukan ekspor dan impor pasti akan berkaitan dengan kebijakan pemasaran barang internasional. Satu-satunya jalur paling mudah disini adalah jalur laut. Dalam hal ini, pelabuhan sangat berperan dalam melayani kebutuhan ekspor maupun impor barang tersebut.

  • Membantu Kelancaran Roda Perekonomian Antar Pulau
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya