Tips & Trik

Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

103396803 S

Setiap negara yang melakukan ekspor dan impor pasti akan berkaitan dengan kebijakan pemasaran barang internasional. Satu-satunya jalur paling mudah disini adalah jalur laut. Dalam hal ini, pelabuhan sangat berperan dalam melayani kebutuhan ekspor maupun impor barang tersebut.

  • Membantu Kelancaran Roda Perekonomian Antar Pulau

Seperti pepatah yang mengatakan laut bukan pembatas, melainkan penghubung. Di sinilah fungsi laut sebagai pemersatu antarpulau melalui kapal. Sementara itu, pelabuhan merupakan salah satu alatnya. Di Indonesia sendiri, jenis pelabuhan yang seperti ini sangatlah banyak

  • Menampung Pangsa Pasar Internasional Yang Semakin Besar

Maraknya perdagangan internasional mendorong semakin berkembangnya produk di pasar. Hal ini menjadikan pelabuhan sebagai tempat yang menampung barang masuk dan keluar maupun barang  yang transit.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Bagi daerah sekitar pelabuhan yang perekonomiannya kurang maju, tempat ini bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki perekonomian. Dalam hal ini, pelabuhan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Jenis-Jenis Pelabuhan

Pelabuhan dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Pembagian ini bisa ditinjau dari segi penggunaanya, badan penyelenggaranya, dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penggunanya

Ada dua jenis pelabuhan berdasarkan penggunanya, keduanya adalah pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri dan tidak.

Baca Juga : Ternyata Banyak, Ini Jenis Perahu Nelayan di Indonesia

Pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang memberikan akses kapal-kapal asing untuk singgah. Kapal asing ini memang hanya diizinkan masuk ke dalam pelabuhan tertentu yang mendukung adanya perdagangan internasional.

Sebaliknya, pelabuhan yang tidak membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang hanya dibangun untuk kepentingan lalu lintas dalam negeri saja. Pelabuhan ini cenderung melayani transaksi antar pulau dalam satu negara.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penyelenggaranya
  • Pelabuhan Umum

Pelabuhan umum yaitu pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan usaha pelabuhan maupun pemerintah. Pelabuhan seperti ini sifatnya lebih resmi karena diawasi langsung oleh pihak pemerintah atau badan usaha terkait.

Pelabuhan umum pun dibedakan menjadi dua, yaitu pelabuhan umum yang dijadikan usaha dan pelabuhan umum yang tidak dijadikan usaha. Pelabuhan tersebut bisa diartikan sesuai definisinya masing-masing

Pelabuhan yang dijadikan usaha tentu dibangun dengan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Pelabuhan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya