Tips & Trik

Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/103396803_s.jpg

Pengertian pelabuhan adalah tempat yang sengaja dibangun sebagai tempat berlabuhnya kapal agar sebelum meneruskan perjalanan ke tujuan berikutnya

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata pelabuhan? Tentu akan merujuk pada tempat bertemunya kapal-kapal bukan?.

Akan tetapi, apakah benar pengertian pelabuhan sesempit itu? Untuk mengetahuinya secara lebih jelas, Anda perlu menyimak uraian berikut ini.

Pengertian Pelabuhan

Baca Juga : Luar Biasa, Ini Kapal-Kapal Terbesar di Dunia

Pelabuhan adalah tempat yang sengaja dibangun untuk menjadi tempat berlabuhnya kapal. Kawasan inilah yang dijadikan tempat singgah bagi kapal-kapal sebelum akhirnya berlabuh atau meneruskan perjalanan. Di pelabuhan, biasanya kapal menaikkan atau menurunkan muatannya.

Pelabuhan sendiri ada yang disebut dengan pelabuhan umum dan khusus. Pengertian pelabuhan umum adalah pelabuhan yang kegiatan pelayanannya ditujukan bagi masyarakat umum. Sementara pelabuhan khusus adalah jenis pelabuhan yang dibangun dengan tujuan tertentu.

Setiap jenis pelabuhan dikelola oleh penanggung jawabnya masing-masing. Pelabuhan umum dikelola oleh badan usaha pelabuhan, sedangkan pelabuhan khusus biasanya dikelola oleh pemerintah daerah.

Sejarah Pelabuhan di Indonesia

Baca Juga : Apa Itu Gearbox Kapal? Ini Fungsi Dan Komponennya

Jika berbicara mengenai sejarah, tentu tidak terlepas dari sudut pandang masing-masing sejarawan. Demikian juga dengan sejarah tentang pelabuhan. Sejarah ini bisa merujuk pada sejarah pelabuhan secara umum, maupun sejarah masing-masing pelabuhan yang ada di Indonesia.

Hal ini mengingat di Indonesia saja terdapat puluhan atau bahkan ratusan pelabuhan yang tersebar di seluruh pulau. Namun demikian, secara umum, pelabuhan di Indonesia merupakan warisan pelabuhan yang sejak dahulu dikelola oleh pemerintah Belanda.

Pada tahun 1945 lalu, berdiri PT. Pelabuhan Indonesia yang masih dikelola Departemen Van Scheepvaart. Baru pada 1960, perusahaan ini dikelola oleh Jawatan Pelabuhan Indonesia.

Baca Juga : Apa Itu Sertifikat Laut? Yuk Pelajari dan Tahu Cara Ceknya

47887589_s

Fungsi Pelabuhan

Setelah mengetahui apa arti dari pelabuhan, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih rinci tentang fungsi pelabuhan. Pelabuhan memiliki beberapa fungsi yang dapat dibedakan sesuai istilahnya. Inilah beberapa fungsi tersebut.

  • Gateway

Maksud dari gateway adalah, pelabuhan berfungsi sebagai pintu gerbang untuk bisa memasuki suatu negara. Kapal yang berlabuh pasti bertujuan mengantarkan isi barang atau muatan lain kepada kota lain atau bahkan negara lain. Disini, pelabuhan berperan sebagai perantara awal proses tersebut.

  • Interface

Dalam fungsi pelabuhan sebagai interface ini berarti bahwa pelabuhan menjadi penghubung antara darat dengan lautan. Misalnya seperti saat barang dari kapal akan didistribusikan melalui daratan. Nah, pelabuhan menjadi penghubung terjadinya mobilisasi tersebut.

  • Link

Link berarti pelabuhan berfungsi sebagai mata rantai proses sampainya barang ke tangan konsumen. Melalui pelabuhan, barang dari produsen yang diantar melalui kapal, akan disalurkan kepada konsumen. Pelabuhan ini menjadi jalur mempermudah distribusi ke tangan konsumen.

  • Industry entity

Ini berarti pelabuhan berfungsi sebagai kawasan industri. Hal ini disebabkan karena pelabuhan lalu lintasnya semakin ramai. Alhasil, lingkungan disekitarnya akan menjadi kawasan industri dengan fasilitas yang memadai

Manfaat Pelabuhan

Selain fungsi yang dibedakan menjadi empat istilah di atas, pelabuhan juga memiliki manfaat. Berikut ini beberapa manfaat pelabuhan tersebut.

  • Melayani Kebutuhan Ekspor Impor

Setiap negara yang melakukan ekspor dan impor pasti akan berkaitan dengan kebijakan pemasaran barang internasional. Satu-satunya jalur paling mudah disini adalah jalur laut. Dalam hal ini, pelabuhan sangat berperan dalam melayani kebutuhan ekspor maupun impor barang tersebut.

  • Membantu Kelancaran Roda Perekonomian Antar Pulau

Seperti pepatah yang mengatakan laut bukan pembatas, melainkan penghubung. Di sinilah fungsi laut sebagai pemersatu antarpulau melalui kapal. Sementara itu, pelabuhan merupakan salah satu alatnya. Di Indonesia sendiri, jenis pelabuhan yang seperti ini sangatlah banyak

  • Menampung Pangsa Pasar Internasional Yang Semakin Besar

Maraknya perdagangan internasional mendorong semakin berkembangnya produk di pasar. Hal ini menjadikan pelabuhan sebagai tempat yang menampung barang masuk dan keluar maupun barang  yang transit.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Bagi daerah sekitar pelabuhan yang perekonomiannya kurang maju, tempat ini bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki perekonomian. Dalam hal ini, pelabuhan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Jenis-Jenis Pelabuhan

Pelabuhan dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Pembagian ini bisa ditinjau dari segi penggunaanya, badan penyelenggaranya, dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penggunanya

Ada dua jenis pelabuhan berdasarkan penggunanya, keduanya adalah pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri dan tidak.

Pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang memberikan akses kapal-kapal asing untuk singgah. Kapal asing ini memang hanya diizinkan masuk ke dalam pelabuhan tertentu yang mendukung adanya perdagangan internasional.

Sebaliknya, pelabuhan yang tidak membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang hanya dibangun untuk kepentingan lalu lintas dalam negeri saja. Pelabuhan ini cenderung melayani transaksi antar pulau dalam satu negara.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penyelenggaranya
  • Pelabuhan Umum

Pelabuhan umum yaitu pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan usaha pelabuhan maupun pemerintah. Pelabuhan seperti ini sifatnya lebih resmi karena diawasi langsung oleh pihak pemerintah atau badan usaha terkait.

Pelabuhan umum pun dibedakan menjadi dua, yaitu pelabuhan umum yang dijadikan usaha dan pelabuhan umum yang tidak dijadikan usaha. Pelabuhan tersebut bisa diartikan sesuai definisinya masing-masing

Pelabuhan yang dijadikan usaha tentu dibangun dengan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Pelabuhan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

Contoh jenis pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan pelabuhan Tanjung Perak  di Surabaya.

Sedangkan pelabuhan yang tidak diusahakan merupakan pelabuhan yang hanya digunakan untuk tempat singgah kapal saja. Dengan begitu, pelabuhan ini tidak dilengkapi fasilitas pendukung. Diantaranya contohnya adalah Pelabuhan Sepekan.

  • Pelabuhan Khusus

Pelabuhan khusus merupakan pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan hukum tertentu.

Pelabuhan ini difungsikan untuk hal-hal khusus, seperti kepentingan tertentu pada suatu perusahaan. Tujuannya adalah untuk menjamin kelancaran kegiatan tertentu dari badan yang mengelolanya.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya
  • Pelabuhan Barang

Ini pelabuhan yang khusus digunakan untuk mengangkut dan menurunkan barang. Setelah diturunkan dari kapal, barang akan disimpan dalam gudang terbuka sebelum akhirnya dikirim ke tujuan.

Sebaliknya, ketika akan diangkut, barang tersebut akan dikeluarkan dari gudang penyimpanan. Selanjutnya, saat kapal pengangkut datang, kapal ini akan membawa barang sampai tujuan.

  • Pelabuhan Penumpang

Nama ini sudah tidak asing lagi bukan? Pelabuhan penumpang sering disebut juga sebagai terminal penumpang. Hal ini karena kondisi pelabuhan tersebut memang dipenuhi oleh penumpang yang naik turun kapal.

Pelabuhan ini pun dilengkapi dengan fasilitas orang yang akan bepergian, seperti ruang tunggu, toilet, keamanan, dan lain sebagainya. Untuk keluar masuknya penumpang dan barang bawaan pun disediakan jalan sendiri-sendiri.

  • Pelabuhan Militer

Pelabuhan ini disusun untuk kepentingan militer. Setiap negara tentu memiliki kekuatan militer bidang kelautan. Angkatan laut tersebut membutuhkan pelabuhan untuk operasi keamanan dalam mengawasi lalu lintas laut negaranya.

Pelabuhan militer ini memiliki peran yang sangat penting. Biasanya. pelabuhan jenis ini dibangun jauh dari rumah penduduk dan memang tidak disarankan berada di dekat pemukiman.

Sampai disini sudah jelas bukan bahwa pelabuhan adalah salah satu kawasan penting yang memiliki fungsi dan manfaat untuk memudahkan mobilitas dalam kehidupan ini.

Mengingat Indonesia adalah negara maritim, maka keberadaan pelabuhan semakin penting lagi di negara ini.

Berita Lainnya