Tips & Trik

Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/103396803_s.jpg

Seperti pepatah yang mengatakan laut bukan pembatas, melainkan penghubung. Di sinilah fungsi laut sebagai pemersatu antarpulau melalui kapal. Sementara itu, pelabuhan merupakan salah satu alatnya. Di Indonesia sendiri, jenis pelabuhan yang seperti ini sangatlah banyak

  • Menampung Pangsa Pasar Internasional Yang Semakin Besar

Maraknya perdagangan internasional mendorong semakin berkembangnya produk di pasar. Hal ini menjadikan pelabuhan sebagai tempat yang menampung barang masuk dan keluar maupun barang  yang transit.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Bagi daerah sekitar pelabuhan yang perekonomiannya kurang maju, tempat ini bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki perekonomian. Dalam hal ini, pelabuhan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Jenis-Jenis Pelabuhan

Pelabuhan dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Pembagian ini bisa ditinjau dari segi penggunaanya, badan penyelenggaranya, dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penggunanya

Ada dua jenis pelabuhan berdasarkan penggunanya, keduanya adalah pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri dan tidak.

Pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang memberikan akses kapal-kapal asing untuk singgah. Kapal asing ini memang hanya diizinkan masuk ke dalam pelabuhan tertentu yang mendukung adanya perdagangan internasional.

Sebaliknya, pelabuhan yang tidak membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang hanya dibangun untuk kepentingan lalu lintas dalam negeri saja. Pelabuhan ini cenderung melayani transaksi antar pulau dalam satu negara.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penyelenggaranya
  • Pelabuhan Umum

Pelabuhan umum yaitu pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan usaha pelabuhan maupun pemerintah. Pelabuhan seperti ini sifatnya lebih resmi karena diawasi langsung oleh pihak pemerintah atau badan usaha terkait.

Pelabuhan umum pun dibedakan menjadi dua, yaitu pelabuhan umum yang dijadikan usaha dan pelabuhan umum yang tidak dijadikan usaha. Pelabuhan tersebut bisa diartikan sesuai definisinya masing-masing

Pelabuhan yang dijadikan usaha tentu dibangun dengan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Pelabuhan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

Contoh jenis pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan pelabuhan Tanjung Perak  di Surabaya.

Sedangkan pelabuhan yang tidak diusahakan merupakan pelabuhan yang hanya digunakan untuk tempat singgah kapal saja. Dengan begitu, pelabuhan ini tidak dilengkapi fasilitas pendukung. Diantaranya contohnya adalah Pelabuhan Sepekan.

  • Pelabuhan Khusus

Pelabuhan khusus merupakan pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan hukum tertentu.

Pelabuhan ini difungsikan untuk hal-hal khusus, seperti kepentingan tertentu pada suatu perusahaan. Tujuannya adalah untuk menjamin kelancaran kegiatan tertentu dari badan yang mengelolanya.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya
  • Pelabuhan Barang

Ini pelabuhan yang khusus digunakan untuk mengangkut dan menurunkan barang. Setelah diturunkan dari kapal, barang akan disimpan dalam gudang terbuka sebelum akhirnya dikirim ke tujuan.

Sebaliknya, ketika akan diangkut, barang tersebut akan dikeluarkan dari gudang penyimpanan. Selanjutnya, saat kapal pengangkut datang, kapal ini akan membawa barang sampai tujuan.

  • Pelabuhan Penumpang

Nama ini sudah tidak asing lagi bukan? Pelabuhan penumpang sering disebut juga sebagai terminal penumpang. Hal ini karena kondisi pelabuhan tersebut memang dipenuhi oleh penumpang yang naik turun kapal.

Pelabuhan ini pun dilengkapi dengan fasilitas orang yang akan bepergian, seperti ruang tunggu, toilet, keamanan, dan lain sebagainya. Untuk keluar masuknya penumpang dan barang bawaan pun disediakan jalan sendiri-sendiri.

  • Pelabuhan Militer

Pelabuhan ini disusun untuk kepentingan militer. Setiap negara tentu memiliki kekuatan militer bidang kelautan. Angkatan laut tersebut membutuhkan pelabuhan untuk operasi keamanan dalam mengawasi lalu lintas laut negaranya.

Pelabuhan militer ini memiliki peran yang sangat penting. Biasanya. pelabuhan jenis ini dibangun jauh dari rumah penduduk dan memang tidak disarankan berada di dekat pemukiman.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya