Tips & Trik

Oli Gardan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggantinya

PUBLISHED DATE : 18 Agustus 2021

Suzuki Nex 2 (1)

Jika komponen ini rusak, maka Anda harus menggantinya sekaligus oli. Supaya kinerja transmisi otomatis tidak menjadi berat. 

Cara Mengganti Oli Gardan yang Benar 

Anda perlu tahu bagaimana cara mengganti oli gardan dengan benar. Tujuannya agar oli tidak terkontaminasi dan sistem transmisi bekerja dengan optimal. Oli juga berperan besar untuk menjaga keawetan komponen kendaraan. 

Berikut ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam proses penggantiannya. 

  • Memilih Tempat yang Merata

Penggantian oli gardan membutuhkan lokasi yang rata atau datar. Anda bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang rata dan sedikit luas agar bebas bergerak. Kemudian standarkan motor dengan standar 2 sehingga lebih mudah dilihat gear box. 

  • Mengeluarkan Oli Lama

Selanjutnya adalah mencari lokasi baut untuk menguras oli. Letaknya ada di bagian bawah dekat kotak CVT. Letakkan wadah di bawah baut tersebut untuk tempat oli yang lama. Kemudian buka baut dan biarkan oli keluar semua. 

  • Menyiapkan Oli yang Baru

Baca Juga : Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

Ketika oli lama sudah terkuras atau keluar semua, maka Anda bisa menutup kembali baut tempat pembuangan oli tadi. Belilah oli yang berkualitas baik sehingga penggunaanya lebih awet dan mampu melumasi komponen dengan baik. 

  • Mengisi dengan Oli yang Baru

Pastikan bahwa oli lama sudah benar-benar habis, cara mengeceknya miringkan sepeda motor sesuai dengan arah lubang. Setelah itu tutup lubang pembuangan dengan baut, lakukan sampai kencang. 

Selanjutnya buka bagian baut pengisi kemudian isi menggunakan corong oli yang ukurannya pas. Tuangkan oli yang baru, pencet botol agar semua isinya keluar karena oli memiliki karakter yang kental. Terakhir tutup baut pengisi dengan kencang.

Proses penggantian oli gardan ini cukup mudah dan Anda bisa melakukannya sesuai dengan jadwal. Jika ingin lebih mudah lagi, Anda bisa ke bengkel resmi Suzuki ketika oli gardan motor sudah mulai tidak bekerja maksimal. 

Jika Anda datang ke bengkel resmi, maka bukan hanya penggantian oli saja tetapi juga bisa melakukan pengecekan kondisi motor dengan tepat. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya