Tips & Trik

Oli Gardan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggantinya

PUBLISHED DATE : 18 Agustus 2021

Suzuki Nex 2 (1)

Sudahkah Anda mengganti oli gardan dengan rutin pada motor matic? Setelah mengetahui manfaatnya, sebaiknya cek kembali apakah penggantian oli sudah dilakukan. Jika belum, pastikan Anda menggantinya sesuai jadwal. 

Apabila kesulitan mengetahui jadwal penggantian, tanyakan kepada teknisi di bengkel resmi langganan kapan terakhir Anda menggantinya. Dengan begitu Anda bisa langsung tahu kapan jadwal selanjutnya oli harus diganti. Lalai dalam mengganti oli ini dapat berakibat fatal pada kendaraan. Ujung-ujungnya adalah kerusakan komponen. Padahal rusaknya komponen transmisi ini akan menguras kantong jika Anda harus menggantinya. 

Beberapa efek pada motor jika terlambat mengganti oli gardan adalah sebagai berikut:

  • Muncul Suara Kasar dari Mesin Motor 

Apakah muncul suara kasar dari motor ketika Anda mengendarainya? Bisa saja itu adalah tanda-tanda kerusakan pada sistem transmisi. Kerusakan tersebut tidak lain disebabkan karena kekentalan oli gardan yang menurun. 

Suara akan menjadi lebih keras lagi ketika Anda meningkatkan kecepatan kendaraan kemudian menurunkannya atau sebaliknya. Suara ini akan muncul karena gesekan pada transmisi yang bekerja terlalu keras tanpa pelumas. 

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Anda mungkin akan terganggu sekali dengan suara berisik ini yang lama kelamaan akan mengikis komponen logam pada sistem transmisi karena sering bergesekan. Kerusakan dalam hitungan bulan bahkan minggu yang lebih parah bisa terjadi. 

  • Kendaraan akan Terasa Lebih Bergetar

Bukan hanya suara saja yang mengganggu, ketika Anda mengendarai motor, body bahkan stang akan terasa lebih bergetar. Bahkan pada kondisi jalan yang halus getaran akan terasa lebih kencang. 

Jika ingin tahu apakah getaran disebabkan oleh kerusakan pada sistem transmisi akibat oli, Anda bisa mencobanya di jalan turunan. Saat berada di jalan turun, motor akan terasa bergetar dengan lebih kencang. 

Artinya adalah tipbang gardan yang menahan beban dari motor sudah tidak bekerja lagi. Penyebab utamanya adalah oli yang sudah tidak mampu melumasi dengan baik. 

  • Kerusakan pada Bearing Gardan

Bearing gardan merupakan komponen yang menempel pada bak CVT. Komponen ini berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin dan puli bagian depan. Bearing ini juga akan mengalami kerusakan karena oli gardan yang mulai memburuk kondisinya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya