Tips & Trik

Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

Arti Dan Pengertian Overhaul

Dari segi pengertiannya, arti overhaul adalah membongkar mesin kendaraan untuk memperbaiki komponen-komponen didalam mesin yang mengalami kerusakan. Sementara itu, tune up merupakan sebuah cara untuk mengembalikan performa mesin seperti semula tanpa membongkar keseluruhan.

Tune up mobil sebaiknya rutin Anda lakukan minimal enam bulan sekali ketika kendaraan sudah memberikan gejala-gejalanya. Melakukan tune up juga dapat mencegah mesin kendaraan Anda mengalami kerusakan yang parah sehingga overhaul dibutuhkan.

Tujuan Dilakukannya Overhaul

Overhaul yang harus dilakukan pada mesin kendaraan Anda tentunya memiliki beberapa tujuan. Berikut ini beberapa rincian tujuan overhaul yang perlu Anda ketahui.

  • Membersihkan Komponen yang Ada dalam Mesin Kendaraan

Tujuan dilakukannya overhaul yang pertama adalah untuk membersihkan komponen yang ada dalam mesin kendaraan Anda. Komponen-komponen yang ada pada mesin harus dibersihkan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran di dalamnya.

  • Memeriksa Komponen dalam Mesin

Melakukan overhaul pada kendaraan Anda juga bertujuan untuk memeriksa komponen-komponen didalam mesin. Komponen tersebut harus diperiksa agar diketahui bagian mana saja yang harus diperbaharui atau diganti nantinya.

  • Membersihkan Ruang Bakar dari Kotoran yang Sudah Menumpuk

Baca Juga : Asap Knalpot Mobil Ngebul? Apakah Penyebabnya?

Sebagaimana diketahui bahwa sebuah kendaraan yang sering digunakan akan menyebabkan ruang bakar penuh dengan kotoran yang menumpuk. Oleh sebab itu, perlu dilakukan overhaul untuk membersihkan ruang bakar tersebut.

  • Mengatur Ulang Dudukan Pada Katup dan Mengembalikan Performa Mesin Kendaraan

Tujuan dilakukan overhaul berikutnya tidak jauh berbeda dengan tujuan dilakukannya tune up, yaitu untuk mengatur ulang dudukan katup dan mengembalikan performa mesin kendaraan Anda. Mengatur ulang dudukan bertujuan agar kendaraan kesayangan tetap nyaman ketika digunakan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan secara terus-menerus dapat menurunkan performa mesin didalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan overhaul apabila sudah terlihat ciri-cirinya kerusakan yang telah disebutkan.

Biaya Overhaul

Bagi Anda yang ingin melakukan overhaul sebaiknya siapkan biaya yang cukup atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel resmi Suzuki. Biasanya biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan apa saja yang harus diperbaiki dan diganti ketika melakukan overhaul pada kendaraan Anda.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk overhaul kendaraan bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda merawat kendaraan sehingga overhaul tidak perlu dilakukan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya