Tips & Trik

Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

Arti Dan Pengertian Overhaul

Overhaul adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil Anda apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dari arti overhaul tersebut dapat disimpulkan bahwa service berat ini perlu dilakukan apabila terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil.

Pada saat melakukan overhaul pada mesin kendaraan Anda ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal yang pertama adalah membongkar dan memperbaiki komponen yang rusak pada mesin. Mengganti serta memasang kembali komponen dengan cara yang tepat juga hal yang harus dilakukan saat overhaul.

Berdasarkan pengertian overhaul tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya dengan cara sembarangan. Menganalisa dan memperhatikan kondisi mobil juga perlu dilakukan sebelum melakukan overhaul agar penanganannya dapat disesuaikan dengan gejala yang ditimbulkan.

Ciri-ciri perlu Dilakukannya Overhaul

overhaul_adalah

Baca Juga : Apa itu Radiator Flush? Ini Manfaat & Cara Menggunakannya

Sebagaimana disebutkan bahwa overhaul ini perlu dilakukan secara rutin pada mobil. Dalam hal ini, mobil yang memerlukan overhaul memiliki beberapa ciri khas. Diantara ciri-ciri yang menandakan bahwa perlu dilakukan overhaul mesin pada mobil Anda adalah sebagai berikut.

  • Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot

Ciri pertama yang paling mudah diketahui bahwa mobil memerlukan overhaul adalah kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot. Tidak hanya itu, aroma yang dikeluarkan dari knalpot juga tidak sedap dan seperti sebuah busi yang terbakar.

Asap putih dari knalpot ini sering dikeluarkan oleh mesin kendaraan yang sudah cukup tua usianya. Hal tersebut dikarenakan asap putih biasanya menjadi sebuah pertanda bahwa kinerja mesin pada kendaraan Anda mulai menurun.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan asap putih sebaiknya segera bawa dan konsultasikan pada bengkel resmi Suzuki. Langkah overhaul yang akan diambil juga biasanya ditentukan oleh seberapa parah kerusakan yang terjadi pada bagian dalam mesin kendaraan.

  • Suhu Pada Mesin Terus Meningkat
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya