Tips & Trik

Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

Arti Dan Pengertian Overhaul

Ciri kedua dari perlu dilakukannya overhaul mesin yang dapat Anda ketahui dengan mudah adalah suhu mesin kendaraan yang terus meningkat meskipun dalam kecepatan yang rendah. Suhu mesin kendaraan yang terus meningkat akan menyebabkan terjadinya overheat.

Perlu Anda ketahui bahwa overheat dapat menyebabkan mesin kendaraan mati secara mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan temperatur mesin dan jangan menyalakannya secara langsung karena ini akan membuat suhunya semakin meningkat.

  • Pengurangan Air Radiator

Air radiator yang berkurang secara cepat juga merupakan ciri overhaul pada mesin kendaraan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus segera membawa kendaraan pada bengkel resmi Suzuki agar dapat dilakukan pengecekan terhadap komponen radiator kendaraan.

  • Kepala Busi Basah karena Oli

Ciri berikutnya untuk melakukan overhaul adalah kepala busi yang basah karena oli. Busi yang basah juga menjadi pertanda bahwa oli dapat menyebabkan ruang kompresi mudah terbakar karena sudah masuk kedalamnya. Bagian kepala busi kendaraan Anda juga akan berubah warna menjadi hitam.

  • Air Radiator Berminyak

Baca Juga : Awas, Ini Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Air radiator berminyak ternyata juga menjadi salah satu ciri bahwa Anda perlu melakukan overhaul mesin pada kendaraan. Air radiator yang berminyak biasanya disebabkan oleh oli yang masuk pada saluran air radiator maupun air yang masuk pada ruang kompresi kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Overhaul

Penting untuk Anda ketahui bahwa waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan overhaul ini berbeda untuk setiap kendaraan yang dimiliki. Hal ini tergantung pada perawatan yang Anda berikan sebagai pemilik kendaraan.

Apabila Anda rajin merawat kendaraan dengan baik maka overhaul dapat dilakukan dalam selang waktu  yang cukup lama. Selain itu, hal ini juga tergantung pada penggunaan kendaraan. Nah, jika salah satu ciri di atas sudah mulai muncul, maka segera lakukan overhaul.

Perbedaan antara Overhaul dan Tune Up Mobil pada Umumnya

Apabila dilihat dari pengertian overhaul, beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan  perbedaan overhaul dan tune up. Sebenarnya overhaul dan tune up adalah dua hal yang berbeda dalam hal memperbaiki mesin kendaraan Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya